Kompas.com - 16/08/2022, 15:09 WIB

KOMPAS.com - Tidak kalah dengan sejumlah provinsi lainnya, Daerah Istimewa Yogyakarta juga memiliki kebun binatang bernama Gembira Loka Zoo. 

Tempat wisata keluarga dan anak ini bertempat di Jalan Kebun Raya Nomor 2, Yogyakarta. Bila berangkat dari Titik Nol Km Yogyakarta, jaraknya 4-6 kilometer (km) dengan waktu tempuh hampir 20 menit.

Baca juga: 

Dari titik tersebut, misalnya, wisatawan bisa berkendara lurus melewati Jalan Panembahan Senopati, lalu lurus hingga Jalan Sultan Agung dan Jalan Kusumanegara. Adapun Jalan Kebun Raya akan berada di seberang kanan.

Pembangunan kebun binatang ini bermula dari keinginan Sri Sultan Hamengkubuwono VIII pada tahun 1933, dahulunya bernama Kebun Rojo.

Dilansir dari laman resminya, pembangunan tempat wisata ini sempat tertunda. Namun pada tahun 1953, dengan berdirinya Yayasan Gembira Loka Yogyakarta, maka pembangunan kebun binatang ini bisa dilaksanakan.

Baca juga: 7 Tempat Wisata Yogyakarta dengan Akses Jalan Tanpa Tanjakan dan Turunan

Hewan apa saja yang ada di Gembira Loka Zoo?

Salah satu satwa di Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta.SHUTTERSTOCK / Ruben Nurdiasmanto Salah satu satwa di Kebun Binatang Gembira Loka, Yogyakarta.

Gembira Loka Zoo terdiri dari banyak zona dan wahana, dan petanya bisa diunduh dari laman resminya. Antara lain Bird Park, Scratch Zone, dan Aquarium.

Wisatawan juga dapat berinteraksi dengan satwa di Petting Zoo dan Kolam Sentuh. Ada pula wahana lainnya, antara lain Speed Boat, transportasi keliling, dan perahu Katamaran.

Selain itu, terdapat beraneka spot selfie Instagramable yang bisa dimanfaatkan. 

Hewan yang bisa dijumpai di kebun binatang ini juga beragam. Di antaranya gajah sumatera, tupai tiga warna, singa afrika, ular blue insularis vit viper, orangutan, macan dahan, ular sanca batik, elang jawa, merak hijau, dan ikan hantu.

Baca juga: 15 Tempat Wisata Dekat Malioboro Yogyakarta untuk Liburan Murah

Halaman:
Sumber Antara


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.