Kompas.com - 19/08/2022, 20:09 WIB

GOLOWELU, KOMPAS.com - Bukit Porong di Desa Coal, Kecamatan Kuwus, Kabupaten Manggarai Barat, menjadi salah satu lokasi pelaksanaan upacara HUT Ke-77 RI di Nusa Tenggara Timur (NTT).

Masyarakat Desa Coal yang tergabung dalam Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Bukit Porong berkolaborasi dengan tokoh adat, tokoh masyarakat, dan tokoh pemuda dalam melaksanakan Upacara HUT Ke-77 RI yang berlangsung secara meriah.

Adapun Bukit Porong merupakan salah satu tempat wisata yang cukup populer di NTT. Hasil karya anak muda kreatif Desa Coal ini sudah meraih banyak prestasi, salah satunya Creative Tourism Destination Award Kategori Youth Tahun 2022 mewakili Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Baca juga:

"Saya sangat bangga bisa melaksanakan upacara HUT ke-77 RI bersama keluarga besar Pokdarwis Bukit Porong dan ini sudah kedua kalinya kami mengadakan upacara yang dimeriahkan dengan berbagai macam pertunjukan dan lomba-lomba berhadiah, seperti lari karung, challange (lomba) makan kerupuk, pecah balon, dan paling hits yaitu Bukit Porong Fashion Show," jelas Ketua Pokdarwis Desa Coal, Rhony Sumarno, kepada Kompas.com, Jumat, (19/8/2022).

Ia melanjutkan, upacara ini juga sebagai wujud upaya membangun kekuatan dan kebersamaan Pokdarwis, sekaligus media branding Bukit Porong agar semakin dikenal dan terkenal.

Kegiatan ini juga mendapat respons baik oleh Camat Kuwus, Gabriel Bagung.

Baca juga: Bukit Porong di Manggarai Barat NTT Menangkan Creative Tourism Award 2022

Bukit Porong dijadikan tempat mengibarkan Bendera Merah Putih saat perayaan Kemerdekaan RI ke 77, Rabu, (17/8/2022). (KOMPAS.com/DOK/RHONY SUMARNO-KETUA POKDARWIS DESA COAL)KOMPAS.COM/DOK/RHONY SUMARNO-KETUA POKDARWIS COAL Bukit Porong dijadikan tempat mengibarkan Bendera Merah Putih saat perayaan Kemerdekaan RI ke 77, Rabu, (17/8/2022). (KOMPAS.com/DOK/RHONY SUMARNO-KETUA POKDARWIS DESA COAL)

"HUT Ke-77 RI memberikan semangat baru bagi kita untuk Pulih Lebih Cepat Bangkit Lebih Kuat dan harapanya masyarakat tetap menaati aturan karena situasi belum stabil mengingat imbauan Presiden Republik Indonesia, Ir.H. Joko Widodo," ajaknya.

Sumarno menerangkan, Desa Wisata Coal merupakan salah satu desa yang diprioritaskan oleh Pemerintah Daerah Manggarai Barat tahun 2022, melalui Program Fasilitasi Masyarakat Desa Wisata (Fasmadewi) yang berlangsung selama 10 bulan.

Baca juga:

Pada akhir bulan Desember 2022 akan diadakan peluncuran (launching) secara resmi oleh Bupati Manggarai Barat, Edistasius Endi.

Diharapkan Desa Wisata Coal mampu menjadi sumber inspirasi bagi desa lain dan menciptakan sumber daya manusia (SDM) unggul yang berdaya saing, bermutu, dan berkelanjutan.

Desa Wisata Coal juga terpilih menjadi Desa Binaan Bank NTT, serta menjadi andalan Kabupaten Manggarai Barat untuk memenangkan Festival Desa Binaan NTT tahun 2022. 

Baca juga: HUT RI, Warga Kojadoi NTT Jalani Upacara Bendera di Tengah Laut

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.