Kompas.com - 25/08/2022, 19:03 WIB

KOMPAS.com - Warga Desa Kiringan di Kecamatan Boyolali, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah, mengembangkan tempat wisata baru bernama Dewi Pancuran, mata air yang tidak akan surut meski saat musim kemarau.

"Kami ada potensi desa yang sangat memadai. Kami gali potensi-potensi desa yang ada di sini dan nanti kami hidupkan. Kami berharap nanti bisa mendapatkan pendapatan asli desa dari desa wisata Dewi Pancuran," tutur Kepala Desa Kiringian, Sri Wuryanto, dikutip dari Antara, Kamis. (25/8/2022).

Baca juga:

Mata air ini sudah ada sejak zaman dahulu, yang kemudian dilestarikan dan digunakan warga untuk memenuhi kebutuhan air sehari-hari. Misalnya untuk memasak dan minum. 

Adapun mulainya pengembangan tempat wisata ini ditandai dengan pengambilan air dari Dewi Pancuran oleh warga desa, disertai gunungan berisi hasil bumi. 

Baca juga: 4 Tempat Wisata Dekat Kali Pepe Land Boyolali, Bisa Naik Becak Air

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Sri Wuryanto menyampaikan, ke depannya pihaknya akan membangun pemancingan dan jogging track yang rencananya akan selesai pada tahun 2025. Ada pula wisata edukasi yang diharapkan dapat menarik wisatawan.

"Antara lain, ada edukasi peternakan, perikanan, pertanian, dan edukasi tentang bank sampah karena di sini sudah dibangun bank sampah induk. Jadi sampah yang nantinya menjadi masalah itu, akhirnya menjadi berkah dengan adanya edukasi," terangnya.

Baca juga: Panduan Wisata Kali Pepe Land Boyolali, Pas buat Nongkrong hingga Malam

Untuk diketahui, Desa Kiringan termasuk dari 15 desa di Kabupaten Boyolali yang sudah memperoleh Surat Keputusan (SK) Bupati Boyolali menjadi daerah pengembangan desa wisata.

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Antara


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.