Kompas.com - 20/09/2022, 20:05 WIB

KOMPAS.com - Ingin berjalan-jalan menggunakan kereta dengan fasilitas mewah dan layanan premium, kamu bisa memesan kereta wisata yang dikelola PT Kereta Api Pariwisata, di bawah naungan PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero)

Kereta wisata yang didesain secara khusus ini merupakan jenis kereta VIP yang dapat disewa satu gerbong sesuai dengan permintaan, maupun dipesan satuan.

Baca juga: 

"Kereta wisata dikomersilkan dengan dua skema yaitu Pola FIT (Free Independent Traveler) /perorangan, dan pola carter/disewakan. Kalau tipenya ada delapan tipe kereta wisata," ujar Marketing KAI Wisata, Tiko, kepada Kompas.com, Minggu (18/9/2022). 

Kedelapannya yaitu tipe Nusantara, Sumatera, Bali, Toraja, Jawa, Imperial, dan Priority

Untuk pola FIT/perorangan, kata Tiko, khusus hanya bisa menggunakan kereta wisata tipe Priority, yang memiliki jadwal keberangkatan tertentu. Harga satu kursi dibanderol mulai Rp 850.000-an.

Sementara itu, tujuh tipe lainnya merupakan kereta wisata yang ditawarkan dalam bentuk satu gerbong, berkapasitas 19-30 orang. Untuk tipe kereta wisata ini, harganya berkisar mulai Rp 21,5 juta - Rp 42 jutaan.

Kereta wisata yang akan mengantarkan para tamu Amanjiwo dari Stasiun Gambir, Jakarta menuju Stasiun Tugu, Yogyakarta sebelum para tamu dijemput dan dibawa ke Amanjiwo untuk menginap selama tiga malam (dok. PT Kereta Api Pariwisata).dok. PT Kereta Api Pariwisata Kereta wisata yang akan mengantarkan para tamu Amanjiwo dari Stasiun Gambir, Jakarta menuju Stasiun Tugu, Yogyakarta sebelum para tamu dijemput dan dibawa ke Amanjiwo untuk menginap selama tiga malam (dok. PT Kereta Api Pariwisata).

Adapun untuk penyewaan satu gerbong kereta wisata dengan biaya tersebut, bisa juga diisi hingga paling sedikit satu orang.

"Kami hitung kapasitas maksimum. Kalau yang berangkat cuma satu atau dua orang itu enggak masalah. Tapi selama ini paling sedikit empat orang, pernah ada satu keluarga mau ke Semarang, itu mereka sewa isinya mereka aja," terangnya. 

Jadi, jika ingin lebih terjangkau, biaya Rp 21,5 juta - Rp 42 juta untuk satu gerbong kereta bisa diisi dengan kapasitas maksimal rombonganmu, misalnya keluarga besar, bersama teman sekolah, atau rekan kerja, agar biayanya bisa dibagi bersama. 

Baca juga: Kereta Wisata Baru di Solo, Lokomotif Uap Kuno Berusia Hampir 1 Abad

Fasilitas mewah kereta wisata

Suasana di dalam gerbong kereta wisata Retro.Kementerian Pariwisata Suasana di dalam gerbong kereta wisata Retro.

Dengan harga yang lebih mahal dibandingkan kereta reguler, fasilitas kereta wisata dikatakan oleh Tiko berbanding lurus dengan harganya.

Beberapa fasilitasnya adalah ruang tunggu VIP di setiap stasiun keberangkatan, yang sudah dilengkapi coffe break dan petugas khusus. 

"Nah di dalam kereta, ada delapan tipe, fasilitasnya berbeda-beda. Misalnya tipe Nusantara, ada sofa, mini bar, tv besar untuk karoke, nonton film, dan lainnya. Di paling belakang ada lounge atau balkon, full kaca, bisa duduk di sini makan sambil nikmati pemandangan di luar," terangnya. 

Baca juga: Retro, Kereta Wisata Terbaru dengan Nuansa Klasik di Dalam Gerbong

Selain itu, di tipe Nusantara, ada beberapa tempat tidur dengan kapasitas 10 orang dewasa.

"Jadi kalau mau yang tidur secara proper (nyaman), bisa mengambil tipe kereta wisata Nusantara. Karena bukan kursi dilipat, tapi emang tempat tidur," imbuhnya. 

Untuk tipe lain, kata dia, memiliki fasilitas dan karakteristiknya masing-masing. Seperti tipe Toraja yang mengikuti desain Toraja, Bali dengan interior Bali, dan lainnya. 

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.