Kompas.com - 04/10/2022, 08:04 WIB

KOMPAS.com - Angka kunjungan wisatawan asing atau mancanegara (wisman) ke Indonesia mencapai 510.000 kunjungan, menurut data terbaru yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS).

Angka itu merupakan kunjungan wisman melalui pintu masuk utama pada Agustus 2022.

Baca juga: 26 Juta Wisatawan Kunjungi Jawa Tengah hingga Agustus 2022

Jika dibandingkan bulan sebelumnya atau Juli 2022, kenaikannya mencapai 6,98 persen. Sementara jika dibandingkan dengan periode yang sama pada 2021, kenaikannya sangat signifikan, yakni mencapai 28.727 persen.

"Ini mudah dipahami karena di bulan Agustus (2021) masih kondisi pandemi, di mana jumlah wisatawan mancanegara masih terbatas," ujar Kepala BPS Margo Yuwono dalam rilis resmi yang ditayangkan melalui kanal YouTube, Senin (03/10/2022).

Baca juga: Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta Targetkan 1 Juta Wisatawan

Margo menambahkan, secara kumulatif selama periode Januari hingga hingga Agustus 2022, jumlah kunjungan wisman ke Indonesia melalui pintu masuk utama mencapai 1,73 juta kunjungan.

Angka ini naik 2.028 persen dibandingkan dengan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama pada 2021, yakni 81.292 kunjungan.

Menurutnya, kenaikan kunjungan cukup signifikan karena situasi pandemi Covid-19 yang belum turun pada periode yang sama tahun lalu.

Meski menunjukkan angka kenaikan kunjungan yang signifikan dibandingkan tahun lalu, namun angkanya belum sepenuhnya pulih jika dibandingkan dengan 2019 atau tahun sebelum pandemi.

Adapun kunjungan wisman selama Januari hingga Agustus 2019 mencapai 8,56 juta kunjungan.

Margo menekankan, hal ini menjadi penting karena pariwisata memberikan multiplier effect yang tinggi bagi ekonomi.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.