Kompas.com - 15/11/2022, 15:58 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT) menyiapkan diri untuk kunjungan delegasi G20.

Meski tidak menjadi lokasi perhelatan KTT G20, namun keamanan tetap disiapkan untuk mengantisipasi jika para delegasi mampir ke salah satu destinasi terpopuler di tanah air itu.

“Untuk itu seluruh anggota di Polres Manggarai Barat maupun instansi terkait, harus selalu siap ketika para tamu delegasi berkunjung ke Labuan Bajo," tegas Karo Ops Polda NTT Kombes Pol Fedry Widoni, di halaman Mako Polres Manggarai Barat, Selasa (15/11/2022).

Baca juga: 8 Hotel Mewah di Bali yang Disiapkan untuk Delegasi G20

Pada Selasa pagi, pemerintah daerah dan instansi terkait menggelar apel pasukan dalam rangka pengamanan pertemuan internasional tersebut.

Sebanyak 400 pasukan disebut siap mengamankan apabila para delegasi berkeinginan mengunjungi Labuan Bajo.

Pasukan keamanan gabungan terdiri dari anggota Polres Manggarai Barat, Polres tetangga, Brimob, Satpolair, Basarnas, Satpol PP, dan instansi terkait lainnya.

"Kami telah menyiapkan 400 pasukan sebagai bentuk antisipasi pengamanan apabila para delegasi berkeinginan mengunjungi Labuan Bajo," katanya.

Baca juga: The Mulia Bali, Lokasi Pertemuan Biden dan Xi Jinping Jelang KTT G20

 

Kombes Fedry menyebutkan, Labuan Bajo memang disiapkan menjadi salah satu daerah yang bisa dikunjungi oleh para delegasi usai melaksanakan pertemuan G20 di Nusa Dua, Bali.

Oleh oarena itu, sebagai bentuk antisipasi dalam menjamin keselamatan para delegasi, Polda NTT juga menyiapkan para pasukan dengan segenap rencana pengamanan.

Nantinya, lanjut dia, para anggota polisi akan melakukan penjagaan di beberapa obyek vital antara lain bandara, hotel, pelabuhan, dan destinasi wisata, baik di Pulau Komodo maupun Rinca.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Pengamanan dilakukan untuk memberi jaminan keamanan dan keselamatan bagi para tamu penting yang berkunjung ke Labuan Bajo.

Baca juga: Mengenal Makna Motif Batik yang Dipakai Para Menteri Saat G20

"Kami pastikan mereka datang dengan aman nyaman. Begitu juga saat berwisata, sehingga mereka bisa kembali dengan kesan yang baik dan memutuskan untuk kembali lagi ke sini."

"Dampaknya pendapatan asli daerah (PAD) Manggarai Barat pun bisa meningkat. Tentu semuanya untuk kesejahteraan masyarakat," imbuhnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.