Kompas.com - 16/11/2022, 08:46 WIB

KOMPAS.com - Para pemimpin negara G20 bersama Presiden Joko Widodo dijadwalkan melakukan penanaman mangrove di kawasan mangrove Tahura Ngurah Rai, Denpasar, Bali.

Dikutip dari Antara, penanaman mangrove dijadwalkan akan dilakukan pada hari ini, Rabu (16/11/2022) pukul 09.00-11.00 Wita.

Baca juga: 6 Fakta Kain Endek yang Jadi Salah Satu Suvenir Resmi G20 

Pihak Tahura telah menyiapkan bibit mangrove jika nantinya ada tamu delegasi yang ingin membawa pulang.

"Disiapkan enam juta bibit. Tapi kalau yang ada sekarang dua juta bibit, nanti kalau ada tamu delegasi G20 yang mau membawa diberikan berapa saja dia mau, sepanjang dapat dibawa maka akan difasilitasi," ujar Kepala UPTD Tahura Ngurah Rai, I Ketut Subandi, Rabu, seperti dikutip dari Antara.

Dikutip dari situs Sekretariat Negara, penanaman mangrove merupakan bagian dari tema yang dipilih oleh Jokowi dalam pelaksanaan KTT, yakni mengenai penanganan krisis iklim.

Baca juga: Jokowi Pakai Baju Adat Bali Saat Jamuan Makan Malam G20 di GWK

Pemerintah berharap, Indonesia sebagai salah satu negara dengan area hutan mangrove terbesar dapat menginspirasi dunia.

Selain itu, kegiatan ini juga dianggap sebagai bentuk kependulian terhadap lingkungan hidup karena mangrove dapat menyerap karbon, melindungi lahan, dan mencegah abrasi laut.

Presiden Joko Widodo mengajak para pemimpin negara G20 dan lembaga internasional mengunjungi Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Kota Denpasar, Provinsi Bali, pada Rabu, 16 November 2022. Di sana, Presiden dan para pemimpin G20 melakukan kegiatan penanaman pohon mangrove bersama serta berkeliling melihat langsung berbagai spesies mangrove yang ada di Tahura.BIRO PERS SEKRETARIAT PRESIDEN Presiden Joko Widodo mengajak para pemimpin negara G20 dan lembaga internasional mengunjungi Taman Hutan Raya (Tahura) Ngurah Rai, Kota Denpasar, Provinsi Bali, pada Rabu, 16 November 2022. Di sana, Presiden dan para pemimpin G20 melakukan kegiatan penanaman pohon mangrove bersama serta berkeliling melihat langsung berbagai spesies mangrove yang ada di Tahura.

Untuk para pemimpin G20 berdiri dan menanam mangrove nantinya, panitia sudah menyiapkan bangunan kayu berbentuk elips. Ada pula serangkai Rhizhopora apiculata yang disusun membentuk tulisan "G20" di tengahnya.

Panitia telah menyediakan puluhan lubang tanam untuk nantinya dimasukkan bibit mangrove tersebut oleh para tamu, termasuk oleh Jokowi.

Baca juga: Mengenal Makna Motif Batik yang Dipakai Para Menteri Saat G20

Sebelumnya, Subandi mengatakan, delegasi dari Uni Emirat Arab (UEA) sudah mengunjungi kawasan tersebut dan membawa pulang bibit untuk ditanam di negaranya.

Halaman:
Baca tentang
Sumber Antara,Setneg


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.