Kompas.com - 16/11/2022, 14:02 WIB

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 di Indonesia mulai memasuki tahap akhir.

Berbagai forum dan panel diskusi masih terselenggara, salah satunya di Bali yang merupakan lokasi utama perhelatan KTT G20 maupun di 19 provinsi lainnya di Indonesia yang telah ditunjuk sebagai side meeting.

Forum ini membahas berbagai isu global, salah satunya adalah isu kepariwisataan yang selain dilaksanakan melalui Tourism Working Group (TWG), juga dilaksanakan melalui Panel Diskusi Tri Hita Karana (THK) Forum 2022.

Baca juga: Produk UMKM Mejeng di G20, dari Anyaman hingga Songket

Acara itu diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Center pada 13 hingga 14 November 2022.

Adapun THK Forum sendiri merupakan bagian side event KTT G20 yang bertujuan menggalang kolaborasi antara komunitas investor global, pengembang proyek, dan para pemimpin untuk mengakselerasi SDGs (sustainable development goals).

Panel diskusi Sustainable Travel and Tourism ini dibuka secara langsung oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Sandiaga Salahuddin Uno.

Baca juga: 6 Fakta Kain Endek yang Jadi Salah Satu Suvenir Resmi G20 

Dalam sambutannya, Menparekraf RI menyampaikan tentang ranking Indonesia yang naik 12 tingkat dalam Global Tourism Index pasca-pandemi. Menurut dia, tahun 2022 merupakan titik tolak atau titik awal kebangkitan ekonomi global dan nasional.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

“Kami telah mampu meningkatkan peringkat kami di World Economic Forum Travel and Tourism Index. Kami naik 12 posisi dan saat ini menempati posisi 3 di dunia dalam hal GDP kontributor,” kata Sandiaga dalam keterangan tertulis yang Kompas.com terima.

Sandiaga melanjutkan, Kemenparekraf terus berkomitmen untuk fokus mengembangkan destinasi wisata yang berkelanjutan, berkualitas, dan menjadi smart destination.

Promosi wisata Labuan Bajo

Sementara itu, Direktur Utama Badan Otorita Pariwisata Labuan Bajo Flores (BOPLBF) Shana Fatina yang juga hadir sebagai salah satu narasumber dalam panel diskusi forum itu menyampaikan bahwa pemulihan pasca pandemi di Labuan Bajo.

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.