Kompas.com - 19/11/2022, 20:30 WIB

KOMPAS.com - Pendakian Carstensz Pyramid di Puncak Jayawijaya, Papua Tengah, tutup sementara mulai 10 Oktober 2022 hingga waktu yang belum ditentukan.

Informasi penutupan gunung yang juga dikenal sebagai Atap Indonesia itu disampaikan oleh Taman Nasional Lorentz, terkait proses perbaikan jalur yang dianggap berisiko bagi pendaki.

"Benar, kami belum melayani penerbitan izin untuk wisata pendakian secara khusus ke puncak Carstensz," kata Kepala Balai Taman Nasional Lorentz Acha Anis Sokoy kepada Kompas.com, Sabtu (19/11/2022).

Baca juga:

Lebih lanjut, Sokoy menjelaskan, langkah ini diambil setelah mempertimbangkan keselamatan para pendaki. Maka itu dilakukan proses perbaikan pada jalur pendakian.

"Sehubungan dengan kondisi lintasan pendakian Puncak Carstensz Pyramid di Kawasan Taman Nasional Lorentz yang sudah tidak layak dan berisiko terhadap keselamatan pendaki, diberitahukan kepada seluruh operator pendakian, pemandu gunung, penggiat alam bebas, masyarakat, dan calon pendaki, bahwa Balai Taman Nasional Lorentz belum melayani perizinan kegiatan wisata alam atau pendakian sampai ada pemberitahuan selanjutnya," isi surat pengumuman Balai Taman Nasional Carstensz tentang Pelayanan Perizinan Pendakian Puncak Carstensz Pyramid di Taman Nasional Lorentz, pada 10 Oktober 2022.

Marak pendaki ilegal yang menerobos naik ke Gunung Carstensz

Meski sedang ditutup akibat kondisi jalur pendakian yang buruk, masih ada saja pendaki ilegal yang nekat mendaki Carstensz.

Pendaki di Gunung Carstensz, Papua.Dok. PAT Adventure Pendaki di Gunung Carstensz, Papua.

Menanggapi hal ini, Sokoy menyampaikan bahwa pendaki ilegal tersebut akan selalu ditemukan.

Menurut dia, pendaki yang nekat mengunjungi Puncak Jayawijaya saat ditutup bukanlah pendaki sejati.

"Kami nyakin dan percaya bahwa pelaku pendakian ilegal tersebut bukanlah pendaki sejati yang tidak pantas disebut sebagai pendaki sejati, dan tentunya mereka sangat jauh dari julukan pencinta lingkungan," pungkas Sokoy.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.