Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/12/2022, 07:07 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (KAI) menyampaikan tanggapan terkait kabar akan diberhentikannya kereta api (KA) Argo Parahyangan, guna mendukung keterisian penumpang Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) yang akan beroperasi Juni 2023.

Perihal wacana tersebut, VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa pihaknya menyerahkan keputusan ini sepenuhnya kepada pemerintah.

"Adapun jika nantinya diputuskan pemerintah seperti itu, KAI sebagai operator tentunya akan patuh terhadap kebijakan dan peraturan pemerintah," kata dia saat dikonfirmasi Kompas.com, Jumat (2/12/2022).

Baca juga: KAI Luncurkan KA Blambangan Ekspres, Ada Tarif Promo Mulai Rp 150.000

Joni memastikan, hingga saat ini, KA Argo Parahyangan relasi Jakarta-Bandung masih beroperasi seperti biasa.

Ia juga mengatakan, KAI tetap fokus menghadirkan layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung beserta KA Feeder (kereta pengumpan) dari Stasiun Padalarang ke Stasiun Bandung.

Sehingga nantinya, penumpang Kereta Cepat tujuan Kota Bandung bisa berpindah stasiun dan berganti kereta untuk melanjutkan perjalanan.

Baca juga: Tiket KA untuk Keberangkatan 1 Januari 2023 Sudah Bisa Dipesan

"KA Feeder ini bagi pelanggan Kereta Cepat yang ingin melanjutkan perjalanannya ke berbagai wilayah lainnya," ujar dia.

Sebab, sebagaimana diberitakan Kompas.com, Kamis (1/12/2022), stasiun akhir pemberhentian Kereta Cepat dibangun di Tegalluar dan Padalarang.

Artinya, untuk menuju pusat kota di Stasiun Bandung, penumpang Kereta Cepat harus mengeluarkan ongkos dan waktu lagi dengan naik Kereta Feeder yang akan disediakan dari Stasiun Padalarang.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com