Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dorong Pariwisata Indonesia, AP II Hadirkan Tourism Activity Center di 2 Bandara

Kompas.com - 16/12/2022, 19:07 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - PT Angkasa Pura II baru saja meluncurkan Tourism Activity Center (TAC) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta dan Bandar Internasional Minangkabau pada Selasa (13/12/2022).

Toursim Activity Center (TAC) merupakan sebuah pusat layanan informasi, aktivasi kegiatan pariwisata, pusat edukasi budaya Indonesia, serta sarana pemasaran produk UMKM dan kerajinan dari seluruh provinsi.  

"AP II ingin menyambut wisatawan di bandara dengan layanan terbaik, salah satunya melalui Tourism Activity Center," kata President Director AP II Muhammad Awaluddin dalam rilis resmi yang Kompas.com terima pada Jumat (16/12/2022).

Baca juga:

Menurut dia, bandara merupakan pintu gerbang suatu negara atau daerah, sehingga dapat menjadi lokasi yang tepat sebagai etalase pariwisata Indonesia.

TAC di sini berfungsi sebagai pendorong komunitas untuk mengembangkan kreativitas, berkolaborasi, serta berkarya untuk melestarikan dan menumbuhkan pariwisata Indonesia.

Aktivitas di TAC nantinya akan melibatkan pelaku pariwisata seperti traveler, Forum Komunikasi Badan Penghubung Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (FORKAPPSI), dan Dinas Pariwisata DKI Jakarta.

Fasilitas VR di Tourism Activity Center (TAC)Dokumentasi Angkasa Pura II Fasilitas VR di Tourism Activity Center (TAC)

Director of Commercial & Services AP II M Rizal Pahlevi menuturkan, peluncuran TAC ini dilakukan berbarengan dengan Hari Nusantara pada 13 Desember. 

“Peringatan Hari Nusantara 2022 digelar di Wakatobi, Sulawesi Tenggara, yang merepresentasikan keindahan alam Indonesia. Dengan semangat Hari Nusantara, melalui TAC di bandara-bandara, AP II juga ingin mengenalkan lebih luas lagi berbagai keindahan alam Indonesia,” ujar Rizal.

Menurutnya, momentum peluncuran TAC ini dirasa tepat karena sejalan dengan peningkatan penerbangan di Bandara AP II, termasuk untuk tujuan wisata.

Baca juga:

Ia mengatakan, kondisi lalu lintas penerbangan di rute domestik maupun internasional saat ini mengalami peningkatan dan memasuki periode pemulihan di tengah tekanan pandemi. 

Diperkirakan peningkatan lalu lintas penerbangan ini akan terus terjadi seiring libur Natal 2022 dan tahun baru 2023. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com