Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jepang Wajibkan Tes Covid-19 bagi Semua Pendatang dari China

Kompas.com - 02/01/2023, 15:07 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

Sumber Kyodo News

KOMPAS.com - Pemerintah Jepang mewajibkan seluruh pendatang dari China daratan untuk tes Covid-19 saat memasuki Jepang, sejak Jumat (30/12/2022).

Hal itu disampaikan oleh Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida pada saat China baru saja mengumumkan akan mengakhiri persyaratan karantinanya mulai 8 Januari 2023 setelah tiga tahun pengendalian pandemi yang ketat.

Baca juga:

Fumio Kishida mengatakan, langkah ini diambil sebagai tindakan darurat terhadap lonjakan pesat kasus infeksi Covid-19 di China.

"Kekhawatiran telah berkembang di Jepang karena sulit untuk memahami situasi secara rinci di China," kata Fumio Kishida, mengutip Kyodo News, Selasa (27/12/2022).

Meski demikian, ia menambahkan, Jepang akan menggunakan pendekatan fleksibel agar kehati-hatian terhadap pendatang dari China itu tidak menghentikan arus pendatang internasional.

Dengan penerapan ini, Jepang mewajibkan para pendatang dari China daratan dan mereka yang telah berada di Jepang dalam waktu tujuh hari sejak kedatangan untuk melakukan tes kedatangan.

Apabila pendatang tersebut dites positif Covid-19, maka akan dikarantina selama tujuh hari di fasilitas yang ditunjuk. Sementara yang tidak bergejala hanya akan dikarantina selama lima hari.

Baca juga: Masuk ke China Tak Lagi Wajib Karantina, Mulai 8 Januari 2023

Guna memastikan pengujian berlangsung menyeluruh, pemerintah Jepang juga akan membatasi keberangkatan dan kedatangan penerbangan langsung yang menghubungkan Jepang dengan China daratan, Hong Kong, serta Makau ke empat bandara, yaitu Narita, Haneda, Kansai, dan Chubu.

Selain empat bandara utama tersebut, pemerintah Jepang turut meminta agar Cathay Pacific Airlines Ltd., Hong Kong Airlines Ltd., dan Hong Kong Express Airways Ltd. menghentikan penerbangan yang menghubungkan Hong Kong dengan Sapporo, Fukuoka, dan Naha mulai Jumat lalu.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Sebagai informasi, Jepang baru membuka kembali perbatasannya secara penuh untuk pendatang asing pada Oktober 2022, setelah lebih dari dua tahun memberlakukan pembatasan Covid-19 yang melarang hampir semua pendatang asing untuk datang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kyodo News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com