Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Catat, 4 Kebiasaan yang Harus Dipahami Saat Pertama Kali ke Hong Kong

Kompas.com - 16/02/2023, 13:06 WIB
Melvina Tionardus,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

HONG KONG, KOMPAS.com - Ketika berada di negara lain, banyak dari kita yang terkejut dengan kebiasaan dan keseharian masyarakatnya.

Bagi kamu yang ingin ke Hong Kong untuk pertama kalinya, simak sejumlah kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Hong Kong di bawah ini.

Baca juga:

Seluruh informasi dihimpun berdasarkan pengalaman jurnalis Kompas.com saat berkunjung pada pertengahan Februari 2023 dan dari informasi yang diberikan oleh pemandu wisata dari pihak Hong Kong Tourism Board.

Kebiasaan di Hong Kong yang perlu diketahui

1. Tempat untuk merokok

Tidak semua tempat di Hong Kong boleh untuk merokok, terutama di fasilitas publik ruang terbuka seperti taman yang dilengkapi tempat duduk. Begitupun di ruang semi terbuka dengan atap.

Kamu juga tidak boleh untuk merokok sambil berjalan kaki.

Ada denda yang dikenakan bagi siapapun yang kedapatan merokok, termasuk turis asing.

Tong berwarna oranye adalah tempat sampah di ruang publik Hong Kong.KOMPAS.com/ MELVINA TIONARDUS Tong berwarna oranye adalah tempat sampah di ruang publik Hong Kong.

Di ruang terbuka atau ruang publik di Hong Kong tempat sampah umum berbentuk tong tertutup (kurang lebih setinggi pinggang orang dewasa), berwarna oranye, dengan lubang di kedua sisi samping.

Baca juga: 8 Toko dan Bangunan Ikonis di West Kowloon Hong Kong, Ada Toko Sempoa

Jika ingin merokok, kamu bisa mencari tong sampah oranye dengan asbak ini dan harus mengisap rokok sambil berdiri di dekat tong sampah tersebut.

2. Sisi kanan untuk diam, sisi kiri untuk berjalan

Ketika menaiki eskalator, jika kamu ingin berdiri diam dari awal hingga ke ujung eskalator, berdirilah di sisi kanan eskalator.

Suasana eskalator publik di Hong Kong. Sisi kanan untuk berdiri diam dan sisi kiri untuk berjalan atau mendahului.KOMPAS.com/ MELVINA TIONARDUS Suasana eskalator publik di Hong Kong. Sisi kanan untuk berdiri diam dan sisi kiri untuk berjalan atau mendahului.

Sementara jika kamu ingin berjalan atau mendahului orang-orang agar lebih cepat untuk sampai ke ujung, kamu bisa berjalan di sisi kiri eskalator.

Baca juga: Hong Kong Bagikan 500.000 Tiket Pesawat Gratis, Bujuk Turis Datang Lagi

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com