Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara menuju ke Museum Fatahillah, Naik KRL dan Transjakarta

Kompas.com - 26/03/2023, 20:08 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Museum Fatahillah berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, RT 7, RW 7, Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat.

Wisatawan yang datang ke Museum Fatahillah bisa menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraa umum.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, wisatawan bisa memarkirkan kendaraan di titik parkiran kawasan Kota Tua.

Baca juga:

"Kalau parkir mobil dan motor bisa di Jalan Kemukus, di samping kantor pemadam kebakaran. Kapasitasnya di sana sekitar 200 hingga 300 kendaraan, atau bisa juga di Jalan Lokbin," kata petugas keamanan di kawasan Kota Tua Muhammad Ali kepada Kompas.com, Sabtu (25/3/2023).

Jika tidak mau repot mencari tempat parkir, wisatawan bisa datang ke Museum Fatahillah dengan menumpangi transportasi umum.

Baca juga:

Akses menuju ke Museum Fatahillah termasuk mudah karena dekat dengan halte Transjakarta dan Stasiun KRL Commuter Line.

Cara menuju ke Museum Fatahillah

Berikut ini Kompas.com rangkum panduan cara menuju ke Museum Fatahillah, Jakarta dengan naik kendaraan umum:

Naik KRL Commuter Line

Stasiun KRL terdekat dari Museum Fatahillah yaitu Stasiun Jakarta Kota, jaraknya sekitar 230 meter. Wisatawan bisa jalan kaki dari pintu keluar stasiun sekitar tiga menit menuju Museum Fatahillah.

Calon penumpang di Stasiun Jakarta Koa.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Calon penumpang di Stasiun Jakarta Koa.

Wisatawan yang datang dari arah Stasiun Bogor, bisa naik kereta tujuan Jakarta Kota, lalu berhenti di stasiun akhir, yakni Stasiun Jakarta Kota.

Baca juga:

Sementara wisatawan yang datang dari arah Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Jatinegara, bisa naik KRL ke Stasiun Manggarai. Kemudian berpindah  kereta tujuan Stasiun Jakarta Kota.

Naik Transjakarta

Halte Transjakarta terdekat dari Museum Fatahillah yaitu Halte Busway Jakarta Kota (Kota). Lokasinya persis di sebelah kanan dari arah pintu keluar Stasiun Jakarta Kota.

Halte Kota, halte terdeka dari Museum Fatahillah.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Halte Kota, halte terdeka dari Museum Fatahillah.

Jaraknya sekitar 260 meter dari Museum Fatahillah, wisatawan bisa jalan kaki ke museum sekitar empat menit.

Adapun Transjakarta yang terintegrasi dengan Halte Kota yaitu Transjakarta rute Blok M (1), rute Balai Kota (1A), rute Sunter Kelapa Gading (12), dan rute Senen (12B).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com