Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

74 Kapal Disiagakan untuk Pemudik Jalur Laut di Kawasan Kepri

Kompas.com - 05/04/2023, 16:10 WIB
Hadi Maulana,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memeprediksikan angka pemudik pada periode mudik Idul Fitri 1444 Hijiriah mencapai 6 juta orang.

Angka ini merupakan perhitungan total bagi pemudik yang akan keluar dan masuk di wilayah Kepri.

“Perhitungan ini meningkat dibanding tahun sebelumnya, yang hanya mencapai angka 2-3 juta orang,” kata Kepala Dishub Kepri, Junaidi ditemui di Batam Centre, Selasa (4/4/2023).

“Apalagi saat ini pembatasan sudah dicabut. Tahun ini kita perkirakan akan mengalami peningkatan signifikan,” tambah Junaidi.

Baca juga:

Menghadapi puncak arus mudik Lebaran 2023 ini, pihaknya telah menyiagakan 74 armada kapal yang terdiri dari, 56 kapal dari ASDP Tanjungpinang dan 15 kapal dari ASDP Telaga Punggur, Batam.

“Jadi total ada 74 armada,” terang Junaidi.

Sebagai wilayah kepulauan, Dishub berfokus pada aspek penyebrangan orang dan kendaraan dengan memanfaatkan armada kapal Roro.

Untuk itu, lanjut Junaidi, langkah yang perlu dicermati adalah kesiapan angkutan laut dan penyeberangan. Sebab, hampir seluruh wilayah Kepri adalah kepulauan.

Menurutnya, Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Batam, Tanjungpinang, dan Kijang, serta ASDP Batam sudah melakukan rapat koordinasi.

Baca juga:

Selain itu, uji kelayakan armada angkutan laut juga telah dilakukan oleh Kementerian Perhubungan RI.

“Uji kelayakan sudah dilakukan, untuk kapal penyebrangan sudah dicek dan untuk kapal feri sudah dilakukan pengecekan fasilitas keselamatan yang ada di kapal tersebut,” pungkas Junaidi.

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com