Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pertama Kalinya, Lampion Ramadhan Menyala di London

Kompas.com - 07/04/2023, 05:14 WIB
Wasti Samaria Simangunsong ,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebanyak 30.000 lampion Ramadhan untuk pertama kalinya menyala di ujung barat London.

Melansir BBC, Selasa (21/3/2023), festival tersebut direalisasikan oleh Wali Kota London, Sadiq Khan, untuk menyambut bulan suci Ramadhan, dan akan menyala setiap malam.

Baca juga:

Bahkan, terdapat ornamen cantik yang bertuliskan "Happy Ramadhan", menerangi Coventry Street, penghubung Leicester Square dengan Piccadilly.

Adapun gagasan pameran tersebut dicetuskan oleh Aisha Desai, pendiri organisasi nirlaba Ramadhan Lights UK.

Aisha Desai mengatakan bahwa proyek instalasi tersebut sudah dimulai sejak tiga tahun lalu, dan terinspirasi dari pertunjukan lampu Natal di London.

"Saya ingat saat melihat lampu Natal bersama saudara perempuan saya ketika tumbuh dewasa."

"Saya juga memiliki kesempatan untuk tinggal di Timur Tengah dan ingin membawa kegembiraan dan keajaiban itu ke London, kota asal saya," ujar Desai.

Baca juga:

Mengingat bulan Ramadhan menjadi moment yang sangat penting bagi umat Islam, Desai juga ingin memberi tahu kepada masyarakat luas tentang hal ini melalui instalasi tersebut.

"Ini adalah bulan yang sangat penting bagi kami, ini adalah bulan favorit saya dalam sepanjang tahun, dan saya bersyukur kita ada di sini hari ini," ucap dia.

Di tempat lain di London, iftar atau buka puasa bersama digelar di sejumlah tempat, seperti Museu, Victoria dan Albert di Kensington Selatan yang juga mendirikan masjid sementara, serta paviliun Ramadhan yang bisa digunakan untuk masyarakat muslim dan non-muslim.

Iftar pertama di stadion sepak bola juga digelar di markas klub sepak bola Chelsea, Stamford Bridge.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com