Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 01/05/2023, 18:11 WIB
Nansianus Taris,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Hotel-hotel di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), penuh menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit 2023. Bahkan, panitia disebut kewalahan mencari penginapan.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Manggarai Barat, Silvester Wanggel mengatakan, tingkat okupansi hotel di Labuan Bajo sudah penuh jelang KTT ASEAN 2023.

Baca juga:

"Sekarang hotel sudah penuh makanya perlu menyiapkan alternatif, misalnya memanfaatkan fasilitas kamar di kapal wisata. Sebagai besar kapal wisata memiliki fasilitas kamar yang memadai," jelas Silvester saat ditemui di Labuan Bajo, Senin (1/5/2023).

Di Labuan Bajo, kata dia, ada 117 hotel yang tersebar baik di dalam dalam maupun di luar kota.

Selama KTT ASEAN 2023, sekitar 6.000 orang akan hadir di Labuan Bajo, mulai dari kepala negara, jurnalis, panitia, hingga pihak keamanan.

Baca juga:

Calon tamu diimbau pesan secepatnya

Ilustrasi Pulau Padar di Labuan Bajo, NTT.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi Pulau Padar di Labuan Bajo, NTT.

Menanggapi hal itu, Ketua Asosiasi Kapal Wisata (Askawi), Manggarai Barat, Ahyar Abadi menyampaikan, pihaknya siap menyediakan kapal-kapal wisata digunakan sebagai penginapan terapung untuk tamu KTT ASEAN 2023.

Pihaknya, lanjut dia, telah lama menyiapkan kapal wisata dengan mempercantik interior dan tampilan untuk kenyamanan para tamu.

"Kapal wisata selama ini sudah terbiasa dengan paket trip wisata nginap di kapal atau live on board," kata Ahyar.

Ia menambahkan, kapal-kapal wisata siap menerima tamu KTT ASEAN 2023 jika kapal tidak digunakan.

Baca juga:

Namun, ia mengingatkan agar pemesanan kapal sebagai penginapan terapung dilakukan secepat mungkin. Sebab, KTT ASEAN 2023 digelar bersamaan dengan puncak kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo.

Sebagai informasi, dilansir dari laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), KTT ASEAN 2023 akan digelar mulai Selasa (9/5/2023) hingga Kamis (11/5/2023).

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com