Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hotel di Labuan Bajo Penuh, Kapal Wisata Jadi Alternatif Saat KTT ASEAN 2023

Kompas.com - 01/05/2023, 18:11 WIB
Nansianus Taris,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Hotel-hotel di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT), penuh menjelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN Summit 2023. Bahkan, panitia disebut kewalahan mencari penginapan.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Manggarai Barat, Silvester Wanggel mengatakan, tingkat okupansi hotel di Labuan Bajo sudah penuh jelang KTT ASEAN 2023.

Baca juga:

"Sekarang hotel sudah penuh makanya perlu menyiapkan alternatif, misalnya memanfaatkan fasilitas kamar di kapal wisata. Sebagai besar kapal wisata memiliki fasilitas kamar yang memadai," jelas Silvester saat ditemui di Labuan Bajo, Senin (1/5/2023).

Di Labuan Bajo, kata dia, ada 117 hotel yang tersebar baik di dalam dalam maupun di luar kota.

Selama KTT ASEAN 2023, sekitar 6.000 orang akan hadir di Labuan Bajo, mulai dari kepala negara, jurnalis, panitia, hingga pihak keamanan.

Baca juga:

Calon tamu diimbau pesan secepatnya

Ilustrasi Pulau Padar di Labuan Bajo, NTT.Dok. Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Ilustrasi Pulau Padar di Labuan Bajo, NTT.

Menanggapi hal itu, Ketua Asosiasi Kapal Wisata (Askawi), Manggarai Barat, Ahyar Abadi menyampaikan, pihaknya siap menyediakan kapal-kapal wisata digunakan sebagai penginapan terapung untuk tamu KTT ASEAN 2023.

Pihaknya, lanjut dia, telah lama menyiapkan kapal wisata dengan mempercantik interior dan tampilan untuk kenyamanan para tamu.

"Kapal wisata selama ini sudah terbiasa dengan paket trip wisata nginap di kapal atau live on board," kata Ahyar.

Ia menambahkan, kapal-kapal wisata siap menerima tamu KTT ASEAN 2023 jika kapal tidak digunakan.

Baca juga:

Namun, ia mengingatkan agar pemesanan kapal sebagai penginapan terapung dilakukan secepat mungkin. Sebab, KTT ASEAN 2023 digelar bersamaan dengan puncak kunjungan wisatawan ke Labuan Bajo.

Sebagai informasi, dilansir dari laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), KTT ASEAN 2023 akan digelar mulai Selasa (9/5/2023) hingga Kamis (11/5/2023).

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com