Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/05/2023, 13:13 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan asal Australia, Qantas, bakal memiliki rute penerbangan terpanjang di dunia pada akhir 2025.

Penerbangan terpanjang di dunia ini akan menghubungkan Sydney, Australia dengan London dan New York, seperti dikutip dari situs resminya.

Dikutip dari Business Insider, penerbangan Sydney-New York akan 11 persen lebih panjang dibandingkan penerbangan yang memegang rekor sementara, yakni rute Singapura-New York yang dioperasikan oleh Singapore Airlines atau 19 jam secara durasi.

Baca juga:

Dikutip dari Travel and Leisure, jarak penerbangan Singapura-New York tersebut mencapai 9.537 mil atau 18 jam 40 menit.

Meskipun, pada Maret 2020 sebetulnya dioperasikan rute yang lebih panjang oleh Air Tahiti Nui, yang terbang non-stop dari Tahiti ke Paris dengan jarak 9.765 mil, melewati tempat transit di Los Angeles karena pembatasan saat pandemi Covid-19.

Adapun Singapore Airlines telah selama 27 tahun terakhir mengoperasikan rute-rute penerbangan terpanjang di dunia, menurut data penyedia data aviasi Official Airline Guide (OAG).

Rute tersebut termasuk New York-Johannesburg, Atlanta-Johannesburg, Newark-Singapura, dan Texas-Sydney.

Dinamai "Project Sunrise"

Rute tersebut baru akan diluncurkan pada 2025. Namun sebelumnya, pada 2018, Qantas sudah lebih dulu mengoperasikan penerbangan 17 jam yang menghubungkan London dengan Perth.

Tampilan kursi kelas Business Suite di pesawat a350 milik Qantas yang akan digunakan untuk Project Sunrise.SITUS QANTAS Tampilan kursi kelas Business Suite di pesawat a350 milik Qantas yang akan digunakan untuk Project Sunrise.

Namun, rute tersebut masih dalam tahap awal karena sempst ditangguhkan akibat pandemi.

Adapun proyek rute penerbangan terpanjang ini dinamai "Project Sunrise" karena penumpang akan berada di dalam pesawat dalam durasi yang begitu lama sehingga mereka bisa melihat dua kali momen matahari terbit (sunrise), seperti dikutip dari CN Traveller.

Baca juga:

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
28th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com