Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Lengkap ke Rimba Baca, Perpustakaan di Jaksel yang Cocok buat Keluarga

Kompas.com - 05/07/2023, 19:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan saat ingin berwisata keluarga, salah satunya mampir ke perpustakaan anak yaitu Rimba Baca.

Perpustakaan yang berdiri sejak 2011 ini dikatakan oleh sang pemilik, Fitriyana, sebagai tempat untuk anak-anak agar betah dan nyaman membaca. 

"Kami percaya anak-anak akan tertarik membaca jika mereka berada di tempat yang nyaman, ditambah adanya buku menarik yang sesuai umur dengan topik kesukaan mereka," ujar Fitriyana saat ditemui Kompas.com, Minggu (2/7/2023). 

Baca juga:

Tak heran bila perpustakaan satu ini nyaris tak pernah sepi oleh pengunjung, terutama anak-anak.

Meski demikian, tak hanya anak, pendampingnya atau orang dewasa juga bisa menikmati kunjungan ke Rimba Baca. 

Panduan lengkap ke Rimba Baca

Tertarik berkunjung ke Rimba Baca di Jakarta Selatan, simak panduan lengkapnya yang sudah Kompas.com himpun berikut ini. 

Lantai 2 perpustakaan Rimba Baca di Cilandak, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Lantai 2 perpustakaan Rimba Baca di Cilandak, Jakarta Selatan.

Lokasi dan jam buka

Rimba Baca berlokasi di Jalan Intan RSPP Utara Nomor 21B di Cilandak Barat, Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan.

Meski berada di antara perumahan, lokasi Rimba Baca cukup strategis. Tempatnya bisa dijangkau naik kendaraan umum seperti Transjakarta atau MRT. 

Baca juga: Perpustakaan Rimba Baca: Jam Buka, Lokasi, dan Cara Jadi Anggota

Perpustakaan ini buka setiap hari Senin-Minggu, pukul 10.00 WIB-17.00 WIB. Rimba Baca tutup saat hari libur nasional atau tanggal merah.

Koleksi dan fasilitas

Taman kecil di Perpustakaan Rimba Baca di Cilandak, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Taman kecil di Perpustakaan Rimba Baca di Cilandak, Jakarta Selatan.

Meski lebih ditujukan untuk anak, para pendamping atau orang dewasa bisa ikut menemani dan membaca kolekksi buku dewasa di lantai dua. 

"Kalau ditotal dua lantai kami ada sekitar 7.000 koleksi buku. Untuk anak-anak di lantai 1 dan orang dewasa atau pendampingnya bisa ke lantai 2," kata Fitriyana. 

Di lantai satu, terdapat buku cerita bergambar dan buku novel yang ditujukan untuk usia 0-12 tahun, sedangkan di lantai dua ada koleksi dewasa seperti buku-buku parenting, novel, non-fiksi, komik, hobi, dan agama. 

Baca juga: 4 Tips Kunjungan ke Rimba Baca di Jaksel, Makan di Area Tertentu

Tidak hanya memiliki ribuan koleksi buku dan tempat baca yang nyaman. Rimba Baca dilengkapi fasilitas lain seperti kamar mandi, taman, balkon, ruang shalat, ruang menyusui, pojok jajanan, dan ruang seni. 

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com