Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Taman Proklamasi, Tempat Pembacaan Teks Kemerdekaan Indonesia

Kompas.com - 08/08/2023, 11:09 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - Jelang perayaan hari ulang tahun (HUT) Republik Indonesia, beragam destinasi wisata sejarah kemerdekaan bakal mendapatkan sorotan.

Termasuk salah satunya Taman Proklamasi.

Taman yang berlokasi di Jalan Proklamasi Nomor 10, Menteng, Jakarta Pusat ini merupakan bekas kediaman sang proklamator Ir. Soekarno. Dulunya, jalan itu bernama Jalan Pegangsaan Timur No 56.

“Taman ini dulunya rumah kediaman Bung Karno, tempat dibacakannya naskah proklamasi," kata Humas Unit Pengelolaan Kawasan (UPN) Monas bernama Nursamin, kepada Kompas.com, Rabu (2/8/2023).

Baca juga: Pengalaman ke Taman Proklamasi di Menteng, Tapak Tilas Kemerdekaan

Sehari sebelumnya, pada 16 Agustus 1945, Bung Karno sengaja memilih halaman rumahnya untuk menyelenggarakan upacara Proklamasi untuk mencegah kemungkinan terjadinya serangan yang dilakukan Jepang.

Papan di halaman Tugu Proklamasi, salah satu tempat bersejarah di Jakarta Pusat yang bisa dikunjungi.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARRORROH ITSNAINI Papan di halaman Tugu Proklamasi, salah satu tempat bersejarah di Jakarta Pusat yang bisa dikunjungi.

Padahal, sebelumnya, golongan muda menginginkan upacara Proklamasi Indonesia digelar di Lapangan Ikada (sekarang lapangan Monumen Nasional) secara besar-besaran, seperti dilansir Kompas.com (16/8/2020). 

Para golongan muda juga telah menyiapkan strategi perang apabila Jepang melakukan penyerangan saat dibacakannya teks proklamasi.

Baca juga: 4 Spot Foto di Taman Proklamasi, Ada Patung Soekarno-Hatta

Namun setelah diskusi antara golongan tua dan golongan muda, upacara Proklamasi Kemerdekaan Indonesia akhirnya diadakan di halaman rumah Bung Karno.

Adapun teks proklamasi telah ditantangani sebelumnya, sekitar pukul 03.00 WIB di kediaman Laksamana Maeda di Jalan Imam Bonjol Nomor 1.

Kini tempat itu dikenal sebagai Museum Perumusan Naskah Proklamasi. 

Rumah diratakan, jadi taman dan monumen

Tulisan informasi Tugu Petir atau Tugu Proklmasi yang berada di Taman Proklamasi, Jakarta Pusat. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Tulisan informasi Tugu Petir atau Tugu Proklmasi yang berada di Taman Proklamasi, Jakarta Pusat.

Pada 17 Agustus 1945, saat itu, teks proklamasi kemerdekaan Indonesia yang dibacakan berlokasi di teras depan rumah Bung Karno di Jalan Pegangsaan Timur nomor 56, Jakarta.

Namun bangunan rumah bersejarah itu sudah lama rata dengan tanah, setelah Soekarno memerintahkan agar rumahnya dirobohkan. 

"Dari berbagai sumber dan kesaksian para ahli sejarah, rumah itu dibongkar atas permintaan Bung Karno sendiri, sampai sekarang belum jelas alasannya," kata Nursamin. 

Baca juga: 4 Aktivitas di Taman Proklamasi, Lihat Tugu Kemerdekaan Indonesia

Beberapa tahun setelah proklamasi Kemerdekaan Indonesia, kediaman Bung Karno tersebut telah dibangun dengan beberapa monumen penting secara berkala, dan juga taman. 

Dalam area taman itu, berdiri tiga objek penting yang berkaitan dengan sejarah kemerdekaan Indonesia.

Ketiganya adalah Tugu Peringatan Satu Tahun Republik Indonesia, Tugu Petir, dan Monumen Proklamator Soekarno-Hatta.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com