Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Tips Naik LRT Jabodebek yang Baru Beroperasi, Naik Transportasi Umum

Kompas.com - 31/08/2023, 18:44 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com- Light Rail Transit (LRT) Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi (Jabodebek) atau LRT Jabodebek yang telah beroperasi sejak Senin (28/8/2023) cukup menarik perhatian masyarakat. 

Dari pantauan di media sosial dan pengalaman Kompas.com saat menjajal transportasi massa ini, Rabu (30/8/2023), kondisi LRT Jabodebek nyaris tidak pernah sepi.

Baca juga:

Baik pagi, siang, maupun sore, masyarakat dari berbagai kalangan seperti anak kecil hingga orang lanjut usia (lansia) tampak meramaikan LRT Jabodebek. 

Rute LRT Jabodebek terbagi menjadi dua line yakni Cibubur Line (blue line) dan Bekasi Line (green line).

Terdapat 12 stasiun LRT Jabodebek yang melayani Cibubur Line mulai dari Stasiun LRT Dukuh sampai Harjamukti. Adapun stasiun LRT Jabodebek Bekasi Line melayani 14 stasiun, mulai dari Stasiun LRT Dukuh Atas sampai Jatimulya.

Tips naik LRT Jabodebek

Jika tertarik, berikut beberapa tips untuk naik LRT Jabodebek, berdasarkan pengalaman dan pengamatan Kompas.com saat menjajal transportasi ini, Rabu (30/8/2023) lalu. 

1. Perhatikan informasi jadwal dan rute

Loket dan layanan di Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Loket dan layanan di Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas.

Pertama, yang sebaiknya dilakukan adalah mencari tahu rute dan jadwal kereta LRT yang akan kamu naiki. Informasi resmi bisa dilihat dari media sosial LRT atau papan informasi di stasiun. 

Setelah mengetahui jadwal dan rute keberangkatan atau ketibaan, kamu sebaiknya memfoto atau mencatat informasi tersebut melalui ponselmu sebagai acuan, yang akan mempermudah jika ke depannya naik LRT lagi. 

Apalagi, informasi yang tertera pada papan pengumuman termasuk cukup lengkap. Misalnya transportasi yang terintegrasi dengan stasiun, denah stasiun LRT, dan jam operasional LRT.

Baca juga: LRT Jabodebek Resmi Beroperasi, Sandiaga Harapkan Bisa Dorong Pergerakan Wisnus

Dengan demikian, kamu akan tahu informasi bahwa sejak diresmikan hingga satu bulan ke depan tepatnya akhir September, waktu operasional LRT Jabodebek baru sampai pukul 20.00 WIB.

Jika masih bingung atau ingin memastikan hal terkait LRT lainnya, jangan segan-segan bertanya kepada petugas yang ada di lokasi. Mereka cukup ramah dan akan membantu menjawab pertanyaanmu. 

Baca juga: 8 Wisata Dekat Stasiun LRT Dukuh Atas, Banyak Tempat Nongkrong

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com