Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2023, 13:32 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Wisatawan asing yang hendak masuk ke Masjid Hagia Sophia di Istanbul, Turkiye, akan dikenakan biaya tiket mulai Januari 2024, tepatnya Senin (15/1/2024).

"(Masuk Hagia Sophia) akan tetap gratis bagi jemaah (asal) Turkiye," kata Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Turkiye, Mehmet Nuri Ersoy, dilansir dari Xinhuanet, Minggu (5/11/2023).

Baca juga:

Ersoy melanjutkan, keputusan pemberlakuan biaya masuk ke Hagia Sophia ini diambil atas saran dari UNESCO.

Ia juga menekankan bahwa keputusan ini diberlakukan guna meningkatkan kualitas dan keamanan kunjungan, sekaligus menjaga signifikansi sejarah situs tersebut.

Saat ini, tambahnya, Hagia Sophia sedang dalam proses restorasi dan pemeliharaan. Diperkirakan pengerjaan ini akan berlangsung selama lebih dari 50 tahun.

Proses restorasi ini, ucap Ersoy, akan dilakukan secara bertahap tanpa penutupan total.

"Mulai 15 Januari 2024, kami menerapkan rencana pengelolaan pengunjung sejalan dengan pedoman UNESCO. Langkah strategis ini bertujuan untuk menjamin kelestarian Masjid Hagia Sophia dan alun-alunnya sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO,” jelasnya.

Baca juga: Hagia Sophia Turki Jadi Masjid, Apakah Masih Bisa Dikunjungi Turis?

Ilustrasi bagian dalam Hagia Sophia di Istanbul, Turkiye. Dok. Unsplash/Abdullah Öğük Ilustrasi bagian dalam Hagia Sophia di Istanbul, Turkiye.

Dikutip dari Daily Sabah, salah satu perubahan penting di Hagia Sophia yaitu adanya pintu masuk yang terpisah untuk tujuan ibadah dan pariwisata.

"Kami belum memutuskan berapa biayanya. Kami akan menentukan struktur biaya sebelum 15 Januari 2024. Fokus kami saat ini adalah penerapan rencana pengelolaan pengunjung yang efektif," ucap Ersoy.

Baca juga: 5 Fakta Menarik Bangunan Ikonik Turki Hagia Sophia

Ia berharap, penerapan kebijakan ini dapat memperlancar arus pengunjung, mengurangi kepadatan, serta melindungi signifikansi sejarah dan budaya Hagia Sophia.

Sebelumnya diketahui bahwa tidak ada biaya masuk untuk wisatawan asing yang berkunjung ke Hagia Sophia sejak difungsikan kembali sebagai masjid pada tahun 2020.

Sebagai informasi, Hagia Sophia ialah salah satu tempat wisata populer di Turkiye yang terdaftar sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO pada tahun 1985.

Bangunan yang berusia 1.500 tahun ini mulanya berfungsi sebagai katedral, setelah itu difungsikan sebagai masjid Kekaisaran Ottoman, lalu dibuka sebagai museum pada tahun 1935. Barulah pada 2020 Hagia Sophia diubah menjadi masjid kembali.

Baca juga:

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com