Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Animate Ikebukuro di Jepang Pecahkan Rekor Toko Anime Terbesar di Dunia

Kompas.com - 21/03/2024, 07:12 WIB
Zeta Zahid Yassa,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Animate Ikebukuro Main Store di Tokyo, Jepang, yang berada di bawah naungan Animate Co., Ltd, dinobatkan sebagai toko anime terbesar di dunia oleh Guinness World Records, Jumat (1/3/2024).

"Toko anime terbesar memiliki lyas 8.554,67 meter persegi dan dicapai oleh Animate Co., Ltd (Jepang) di Toshima, Tokyo, Jepang pada 1 Maret 2024," bunyi pernyataan resmi Guinness World Records, dilansir dari laman resminya, Rabu (9/3/2024).

Baca juga: Atraksi Anime One Piece Hadir di Universal Studios Japan

Adapun awalnya Animate Ikebukuro Main Store dibuka di Ikebukuro Sunshine City pada Maret 1983, lalu dipindahkan ke lokasinya yang sekarang pada tahun 2012. 

Pembukaan area ini dilakukan pada Sabtu (16/3/2024). Untuk merayakan hari jadi yang pertama dari pembukaan tersebut, terdapat upaya untuk memecahkan Guinness World Record sebagai toko anime terbesar.

Sebelumnya pihak Animate Ikebukuro Main Store telah melakukan pengajuan ke Guinness World Record sebagai toko anime terbesar di dunia. 

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Selanjutnya pada Minggu (17/3/2024), seorang juri pun mengumumkan keputusannya. Berbarengan dengan pengumuman tersebut, digelar acara di Animate Ikebukuro Animate Theater.

Acara tersebut dihadiri oleh penyulih suara Shota Aoi, CEO Animate Ltd. Jun Fujiki, Manajer Animate Akibukuro Tomoyuki Noichi, dan juri dari Guinness World Record.

Baca juga: 11 Tempat Wisata di Jepang buat Pecinta Anime dan Manga

Di gedung ini, pengunjung bisa membeli aneka barang-barang yang berhubungan dengan anime, mulai dari komik sampai action figure

Dilansir dari laman resminya, ada pula Animate Cafe yang kerap berkolaborasi dengan sejumlah judul anime dan gim guna menghasilkan berbagai konsep. 

Kafe tersebut akan didekorasi sedemikian rupa agar sesuai dengan anime atau gim yang tengah dibawakan. 

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com