Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tempat Ngabuburit di Aceh, dari Masjid hingga Pantai

Kompas.com - 22/03/2024, 18:15 WIB
Krisda Tiofani,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pilihan tempat ngabuburit di Aceh cukup beragam. Selain masjid, kamu bisa datang ke pantai atau ruang terbuka sembari menunggu waktu buka puasa.

Aktivitas di tempat-tempat tersebut pun beragam. Kamu bisa mengikuti rangkaian ibadah di masjid, duduk di tepi pantai, atau belanja takjil dekat lapangan.

Selengkapnya, simak sejumlah tempat ngabuburit di Aceh berikut ini.

Baca juga: Aktivitas Wisata di Danau Laut Nie Pineung Suasa Aceh

Tempat ngabuburit di Aceh

1. Masjid Giok Agung Baitul A'la Nagan Raya

Sejumlah pengunjung berjalan di halaman Masjid Giok atau Masjid Agung Baitul A'la Desa Lueng Baro, Suka Makmur, Nagan Raya, Aceh, Minggu (10/4/2022). Masjid Agung Baitul A'la Nagan Raya yang dibangun sejak tahun 2012 tersebut dirancang menggunakan perpaduan arsitektur khas Asia Tenggara, Timur Tengah dan Aceh dengan ornamen berlapis batu giok pada lantai, dinding, tiang dan kubah masjid yang proses pembangunannya memasuki tahap penyelesaian atau sekitar 80 persen sehingga akan dibuka untuk umum pada Juni 2022 mendatang. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/nym.ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/nym. Sejumlah pengunjung berjalan di halaman Masjid Giok atau Masjid Agung Baitul A'la Desa Lueng Baro, Suka Makmur, Nagan Raya, Aceh, Minggu (10/4/2022). Masjid Agung Baitul A'la Nagan Raya yang dibangun sejak tahun 2012 tersebut dirancang menggunakan perpaduan arsitektur khas Asia Tenggara, Timur Tengah dan Aceh dengan ornamen berlapis batu giok pada lantai, dinding, tiang dan kubah masjid yang proses pembangunannya memasuki tahap penyelesaian atau sekitar 80 persen sehingga akan dibuka untuk umum pada Juni 2022 mendatang. ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/nym.

Masjid Giok Agung Baitul A'la Nagan Raya ini merupakan tempat wisata yang paling banyak dikunjungi di Aceh selama Ramadan 2023 lalu.

Lebih dari 100 orang berkunjung ke tempat ibadah tersebut setiap harinya selama bulan puasa.

Tahun ini pun, Masjid Giok Agung Baitul A'la Nagan Raya tak kalah ramai dibanding tahun lalu. Agenda kajian hingga tarawih disiapkan pengelola masjid untuk jemaah yang datang.

Lokasinya berada di Suka Makmue, Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

Baca juga:

2. Pantai Bangka Jaya

Pengunjung berswafoto di Pantai Bangka Jaya, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Senin (13/5/2019).KOMPAS.com/MASRIADI Pengunjung berswafoto di Pantai Bangka Jaya, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, Aceh, Senin (13/5/2019).

Duduk santai menikmati pemandangan pantai sambil menunggu waktu berbuka bisa dilakukan di Pantai Bangka Jaya.

Pantai di Kabupaten Aceh Utara ini biasanya didatangi warga lokal saat cuaca sudah mulai adem saat sore hari.

Aktivitas yang dilakukan bermacam-macam. Mulai dari berfoto di pinggir pantai, memancing, duduk menikmati indahnya pemandangan sore, hingga belanja takjil di sekitar pantai.

Jika mepet waktu berbuka puasa, tidak perlu khawatir dan buru-buru pulang. Kamu bisa menikmati sajian di rumah makan yang tersebar dekat pantai.

Baca juga: Ngabuburit di Pantai Bangka Jaya Aceh Utara...

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com