Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lebaran 2024, Perputaran Ekonomi Parekraf Diprediksi Capai Rp 276,11 Triliun

Kompas.com - 01/04/2024, 13:11 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perputaran ekonomi di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif (parekraf) pada momen Lebaran 2024 diprediksi mencapai angka Rp 276,11 triliun.

"Perputaran sektor ekonomi parekraf saat ini mencapai Rp 276,11 triliun," kata Deputi bidang Kajian Strategi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Dessy Ruhati dalam acara Extende The Weekly Brief with Sandi Uno di Manhattan Hotel Jakarta, Senin (1/4/2024)

Lebih lanjut disampaikan bahwa perputaran ekonomi di sektor parekraf pada Lebaran 2024 ini diprediksi dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional pada kuartal 1 dan kuartal 2 tahun 2024 sekitar lima persen.

Baca juga: Beli Baju Lebaran, Sebaiknya Pilih Bahan Apa?

Mengingat, katanya, tingkat konsumsi masyarakat saat ini terpantau meningkat, terutama dipengaruhi oleh jumlah kebutuhan uang tunai yang meningkat 4,65 persen.

Selain itu, lanjut Dessy, pemerintah juga telah menggelontorkan bantuan sosial hingga Juni 2024, bantuan langsung tunai, dan tunjangan hari raya 100 persen untuk para aparatur sipil negara.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas.com (@kompascom)

Destinasi favorit tujuan pemudik tahun 2024

Di samping itu, Dessy menyampaikan tiga destinasi tujuan yang diminati oleh wisatawan saat momen Lebaran, yakni ke: Jawa Tengah sekitar 31,8 persen atau sekitar 61,6 juta orang.

Kemudian disusul Jawa Timur sekitar 19,4 persen, atau diminati sekitar 37,6 juga orang. Serta ke Jawa Barat sekitar 16,6 persen, atau diminati sekitar 32,1 juta orang.

Baca juga: Lebaran 2024, Festival Balon Udara Hanya Diizinkan di Wonosobo dan Pekalongan

Sementara itu tiga daerah asal pemudik paling banyak yakni berasal dari Jawa Timur sekitar 16,2 persen, atau sekitar 61,3 juta orang.

Ilustrasi mudik.Dok. Kementerian Perhubungan Ilustrasi mudik.

Selanjutnya berasal dari kawasan Jakarta Bogor Depok Tangerang Bekasi (Jabodetabek) sekitar 14,7 persen atau sekitar 28,4 juta orang.

Di urutan ketiga, pemudik berasal dari Jawa Tengah sekitar 13,5 persen, atay sekitar 26,1 juta orang.

Baca juga: Selama Masa Mudik Lebaran 2024, Puskesmas di Banten Buka 24 Jam

"Pelaku perjalanan menggunakan empat moda utama, yaitu kereta api, bis, mobil pribadi, dan sepeda motor," pungkas Dessy.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com