Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

TMII Gelar Festival Musim Panas Jepang untuk Sambut Libur Sekolah

Kompas.com - 26/06/2024, 15:37 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com -  Menyambut libur sekolah, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, menggelar Festival Musim Panas Jepang atau Natsu Matsuri. Festival ini terbuka untuk umum mulai Sabtu (29/6/2024) sampai Minggu (7/7/2024) di area Parkir Barat TMII.

"Natsu Matsuri (di TMII) ini merupakan kolaborasi budaya Jepang dan budaya Indonesia. Kebetulan saat ini sedang libur sekolah, jadi diharapkan tradisi dan budaya Jepang dapat dikenalkan kepada anak-anak saat liburan," kata Direktur Utama Arsipro, Andy Sadrudin Rohardian selaku penyelenggara Natsu Matsuri di Museum Nasional, TMII, Jakarta Timur, Rabu (26/6/2024).

Baca juga:

Lebih lanjut disampaikan, pada Natsu Matsuri ini pengunjung TMII nantinya akan melihat pertunjukan yang menggabungkan antara seni kontemporer dan seni tradisional Jepang.

Pada hari pertama Natsu Matsuri, tepatnya pada Sabtu (29/6/2024), acara akan dibuka dengan fun run di area TMII yang diikuti sekitar 1.500 peserta.

"Pelari saat Natsu Matsuri ada yang cosplay pakai kostum khas Jepang. Saat ini kuota pelari sudah penuh, pengunjung yang tidak mendapatkan kesempatan untuk ikut fun run, bisa melihat kemeriahannya," tutur Andy.

Baca juga: Harga Tiket Masuk Terkini TMII, Tempat Wisata Favorit di Jakarta

Direktur Utama Arsipro, Andy Sadruddin Rahardian di Museum Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah, Rabu (26/6/2024). Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Direktur Utama Arsipro, Andy Sadruddin Rahardian di Museum Indonesia, Taman Mini Indonesia Indah, Rabu (26/6/2024).

Acara fun run ini, tambah Andy, juga akan dimeriahkan beberapa grup musik dan musisi papan atas, seperti JKT48, J-Rocks, Payung Teduh, dan satu band asal Jepang.

Dalam kesempatan yang sama, Direktur Komersial TMII, Ratri Paramita mengatakan bahwa pada pekan libur sekolah  TMII menargetkan sekitar 300.000 pengunjung.

"Target pengunjung selama dua minggu (pada periode pekan libur sekolah) sebanyak 300.000 pengunjung," kata Ratri, Rabu.

Ia melanjutkan, dengan gelaran Natsu Matsuri di TMII diharapkan dapat menarik masyarakat untuk berlibur ke TMII.

Baca juga: 5 Daftar Air Mancur Terbaik di Dunia, Ada Dancing Fountain TMII

Selama gelaran Natsu Matsuri, acara yang ditampilkan meliputi Bon Odori (tarian tradisional Jepang), penampilan Taiko (tabuh drum), parade Omikoshi (arak-arakan kuil portable), fun run, dan bazar kuliner.

VP Marketing Communications TMII, Erika Silviasna menambahkan, selain Natsu Matsuri, TMII juga menawarkan sejumlah aktivitas menarik selama pekan liburan sekolah.

Di antaranya ada Festival Kumpul Bocah, yaitu aktivitas yang diperuntukkan untuk anak-anak. Setiap harinya akan ada beragam kegiatan yang bisa diikuti, seperti face painting, bubble party, bermain aneka permainan tradisional, storytelling, dan mewarnai.

"Jadi anak-anak bisa ikut Festival Kumpul Bocah, orangtuanya bisa lihat Natsu Matsuri," kata Erika, Rabu.

Baca juga:

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com