Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/06/2016, 04:10 WIB
Silvita Agmasari

Penulis

BREBES, KOMPAS.com - Brebes tak hanya punya telur asin sebagai kuliner andalan. Faktanya Brebes punya sate blengong yang wajib Anda cicipi jika singgah ke kabupaten di Jawa Tengah ini.

Blengong sejatinya adalah hewan hasil perkawinan antara bebek dan mentok (entok). Jangan repot memikirkan rupa hewannya seperti apa, yang pasti saat dimasak daging blengong sungguh nikmat!

Teksturnya mirip bebek yang memiliki serat, tapi lebih lunak dan lembut saat dikunyah. Memakan daging blengong memberi sensasi baru dari segi tekstur rasa.

Alhasil dengan tekstur yang nikmat ini, daging blengong cocok untuk diolah menjadi sate. Salah satu gerai sate blengong yang legendaris di Brebes adalah Pondok Kupat Sate Blengong Bapak Kasturi Rajak. Terletak di perempatan Islamic Center menuju Pasar Batang, Brebes.

Kristianto Purnomo Sate blengong masak khas Brebes, Jawa Tengah.
"Usaha ini sudah dari zaman kakek saya namanya Rajak, turun ke bapak saya namanya Kasturi. Sudah 40 tahun," ungkap Akhmad Kurniawan, generasi ketiga penerus Pondok Kupat Sate Blengong.

Menurut Akhmad, daging blengong sebenarnya sama sepeti daging bebek yang agak alot dan dapat berbau jika tak diolah dengan tepat.

Bedanya di Pondok Kupat Sate Blengong miliknya, daging blengong dimasak dua kali. Satu kali memasak menghabiskan waktu 2,5 jam. Inilah jawaban mengapa daging sate blengong di sini sungguh lembut.

Kristianto Purnomo Kupat menu pendamping sate blengong.
Pondok Kupat Sate Blengong ini menyediakan tiga menu andalan, yakni sate bakar, sate masak, dan kupat. Sate bakar adalah sate daging blengong yang dimasak dengan cara dibakar dengan arang seperti sate pada umumnya.

Sedangkan sate masak, daging blengong direbus dengan bumbu santan dan ditusuk dengan lidi berukuran panjang. Kupat menjadi makanan pendamping dengan kuahnya yang kaya akan bumbu dan terasa pedas.

"Selain di sini ada satu lagi toko sate blengong yang sudah dari awal. Dulu yang jual hanya ada dua. Sekarang sudah banyak yang jual sate blengong," kata Akhmad.

Kristianto Purnomo Sate blengong bakar khas Brebes, Jawa Tengah.
Untuk harga, sate blengong bakar dibanderol Rp 60.000 per satu kodi (20 tusuk). Sedangkan sate blengong masak dibanderol Rp 6.000 per tusuk, dan seporsi kupat dihargai Rp 12.000. Pondok Sate Kupat Blengong Bapak Kasturi Rajak dibuka dari jam 12 siang sampai habis.

Saran KompasTravel, jika ingin menyantap sate bakar di Pondok Kupat Sate Blengong Bapak Kasturi Rajak, datanglah lebih awal, sebab khusus sate bakar hanya disediakan 10 kodi alias 200 tusuk per harinya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com