Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Banjir di Goa Jomblang Surut, Besok Wisata Dibuka Kembali

Kompas.com - 30/11/2017, 14:06 WIB
Silvita Agmasari

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Banjir yang sempat memenuhi kawasan wisata Goa Jomblang di Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, telah surut. Menurut pantauan dari Ketua Asosiasi Wisata Goa Indonesia sekaligus pengelola wisata Goa Jomblang, Cahyo Alkantana, Kamis (30/11/2017) pukul 07.00 WIB ketinggian air di Goa Jomblang sudah normal.

"Semua air sudah lenyap masuk ke lubang-lubang goa dan mengalir lewat sungai bawah tanah ke Laut Selatan. Hari ini bersih-bersih sampah dari luar yang menumpuk sampai dua truk," ujar Cahyo kepada KompasTravel, Kamis (30/11/2017).

Banjir akibat cuaca ekstrem siklon tropis Cempaka sempat mengakibatkan goa-goa di kawasan Gunungkidul terendam air. Cahyo menyebutkan kawasan batu gamping di Gunungkidul layaknya sebuah spons berpori yang menyerap air.

"Kawasan batu gamping itu larinya semua air itu ke goa, ada sekitar 700 goa sehingga menimbulkan efek bottleneck. Goanya penuh semua. Nanti akan surut sendiri airnya ke laut, selama curah hujan menurun," jelas Cahyo.

Baca juga : Yogya Terus Diguyur Hujan, Tunda Wisata Anda ke Goa Jomblang

Sejak Rabu (29/11/2017) debit air di Goa Jomblang berangsur turun dengan ketinggan 60 meter di pukul 06.00 WIB, ketinggian air 50 meter pukul 12.00 WIB, dan 40 meter pukul 17.00 WIB, dan terakhir Kamis (30/11/2017) pukul 07.00 WIB banjir sudah sepenuhnya surut. Dengan surutnya banjir, wisata Goa Jomblang siap dibuka kembali Jumat (1/12/2017) untuk wisatawan.

Kepala Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, Aris Riyanto menghimbau wisatawan untuk berhati hati saat berwisata di daerah Yogyakarta dan sekitarnya pada saat ini.

"Yogya tetap aman dan tetap nyaman untuk dikunjungi, tetapi untuk kali ini lebih hati-hati. Ini (siklon tropis) Cempaka berpindah hari ini (30/11/2017), jadi nanti tinggal proses pembersihan sampah saja," sebut Aris.

********************

Mau paket wisata gratis ke Thailand bersama 1 (satu) orang teman? Ikuti kuis kerja sama Omega Hotel Management dan Kompas.com dalam CORDELA VACATION pada link INI. Hadiah sudah termasuk tiket pesawat (PP), penginapan, dan paket tur di Bangkok.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com