Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/04/2019, 19:09 WIB
Anggara Wikan Prasetya,
Wahyu Adityo Prodjo

Tim Redaksi

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.com – Pariwisata merupakan sektor andalan utama Kabupaten Gunungkidul. Pantai-pantai pasir putih, goa, hingga obyek wisata di pergunungan, semua ada di Gunungkidul.

Setiap hari libur, obyek-obyek wisata di Gunungkidul hampir selalu diserbu banyak wisatawan. Biasanya kawasan pantai menjadi salah satu obyek wisata yang paling ramai kunjungan.

Baca juga: Pantai Ngobaran, Sepotong Bali di Selatan Gunungkidul

Namun pesona Gunungkidul tidak hanya ada di pantainya. Ada satu tempat di kawasan pergunungan yang menawarkan pesona keindahan alam. Obyek wisata itu adalah Green Village Gedangsari.

Berjarak sekitar 43 kilometer dari Tugu Jogja dengan waktu tempuh kurang-lebih 1,5 jam, Green Village Gedangsari tepatnya berada di Dusun Guyangan Lor, Desa Mertelu, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunungkidul.

Hamparan pergunungan hijau

Green Village Gedangsari berada di sisi utara hamparan pergunungan yang memisahkan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan Jawa Tengah. Secara administratif, Kecamatan Gedangsari berbatasan dengan Kecamatan Gantiwarno, Wedi, dan Bayat di sebelah utara.

Baca juga: Menyusuri Geoforest Watu Payung Turunan, Permata dari Gunungkidul

Sesuai dengan namanya, Green Village Gedangsari kental akan nuansa hijau dari kawasan pergunungan di sekitarnya. Barisan pergunungan sisi selatan tempat Embung Batara Sriten Berada tampak bagai dinding hijau raksasa.

Salah Satu Spot Foto di Green Village Gedangsari.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Salah Satu Spot Foto di Green Village Gedangsari.
Tampak rumah-rumah dan jaringan jalan yang tampak begitu kecil di lereng pergunungan itu. Jika dilihat menggunakan lensa zoom beberapa joglo di kawasan Embung Batara Sriten akan terlihat cukup kecil.

Berkunjung ketika tengah hari bukanlah masalah. Panasnya matahari seolah mampu diredam oleh embusan angin pergunungan. Selain itu, ada banyak tempat berteduh semacam gazebo yang telah dibangun oleh pengelola dari Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) setempat.

Spot foto menawan di ketinggian

Selain menyajikan panorama berupa barisan perbukitan hijau di sisi selatan, pemandangan berupa hamparan terbuka dari ketinggian juga bisa didapatkan di Green Village Gedangsari.

Hamparan terbuka ada di sisi barat daya, utara, hingga timur. Pemandangan dari ketinggian pun begitu menawan karena obyek wisata ini berada di ketinggian sekitar 400 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Baca juga: Liburan ke Gunungkidul, Coba Nikmati Segarnya Air Terjun Sri Gethuk

Jika cuaca sedang cerah, maka Gunung Merapi di sisi utara akan tampak begitu gagah. Tak hanya Merapi, Gunung Lawu yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur pun turut menampakkan dirinya.

Spot Foto di Green Village Gedangsari, Gunungkidul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Spot Foto di Green Village Gedangsari, Gunungkidul.
Dari kejauhan, tampak pula Rawa Jombor di Kabupaten Klaten yang sekilas terlihat bagai kubangan air. Rawa Jombor akan terlihat jelas saat dipotret dengan lensa zoom.

Tentu keindahan panorama terbuka dari ketinggian paling pas untuk latar belakang foto. Pengelola pun telah menyediakan beberapa spot foto untuk semakin menghidupkan latar belakang pemandangan yang menawan itu.

Baca juga: Gunungkidul Punya Taman Bunga di Dekat Pantai

Spot untuk berfoto juga tidak hanya ada di sisi utara saja yang menghadap hamparan terbuka. Beberapa spot foto juga ada dengan latar belakang barisan pergunungan hijau di sisi selatan. Uniknya spot foto dengan hijaunya pergunungan merupakan kombinasi yang sempurna.

Berkunjung ke Green Village Gedangsari paling pas dilakukan pagi atau sore hari ketika cuaca cerah. Obyek wisata ini juga merupakan tempat yang pas untuk menyaksikan indahnya matahari terbit dan terbenam.

Salah Satu Spot Foto di Green Village Gedangsari, Gunungkidul.Kompas.com/Anggara Wikan Prasetya Salah Satu Spot Foto di Green Village Gedangsari, Gunungkidul.
Tarif masuk Green Village Gedangsari adalah Rp 5.000 untuk jasa kebersihan dan perawatan obyek wisata, Rp 2.800 untuk tanda masuk obyek wisata dari Pemerintah Kabupaten Gunungkidul, dan Rp 2.000 untuk parkir sepeda motor.

Wisatawan juga sudah mendapat asuransi dari tarif masuk di atas. Fasilitas di obyek wisata pun cukup lengkap. Telah tersedia area parkir, masjid, dan toilet. Jika lapar, wisatawan bisa makan di warung sekitar lokasi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com