Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Tempat Liburan di Jakarta Utara, Bisa Piknik Gratis

Kompas.com - 15/06/2023, 16:30 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Jika ingin menghabiskan liburan sekolah dengan berpiknik, nongkrong di tempat Instagramable, atau sambil belajar sejarah, Jakarta Utara punya beberapa opsi tempat yang bisa dituju.

Kebanyakan tempat tersebut berkonsep semi-outdoor atau outdoor (luar ruangan) sehingga pengunjung dianjurkan memakai pakaian yang nyaman dan membawa topi atau payung agar tidak kepanasan.

Baca juga:

Berikut beberapa rekomendasi tempat liburan yang bisa dipilih:

Tempat liburan sekolah di Jakarta Utara

1. Pantai Maju

Kawasan Pantai Maju PIK, Jakarta UtaraKompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Kawasan Pantai Maju PIK, Jakarta Utara

Pantai Maju bisa menjadi lokasi yang pas untuk berpiknik dengan gelar tikar atau sekadar duduk-duduk santai di rerumputan sembari menikmati suasana sore. 

Berlokasi di Pantai Indah Kapuk (PIK), Jakarta Utara, area ini beroperasi 24 jam dan tidak mengenakan biaya masuk alias bisa dinikmati gratis.

Pantai Maju juga mudah dicapai dengan kendaraan umum, khususnya bus TransJakarta. Kamu bisa naik bus koridor 1A (Balai Kota-Pantai Maju), lalu berjalan kaki kira-kira 15 menit agar bisa sampai di tempat ini.

Ada pula bus gratis Monas-PIK yang bisa dicoba, namun kamu dianjurkan meluangkan waktu lebih karena durasi perjalanan bisa mencapai dua jam karena melewati jalan tol.

Baca juga: Panduan Lengkap Wisata ke Pantai Maju PIK, Aturan hingga Tips

2. Taman Hutan Kota Penjaringan

Taman Labirin di tengah Taman Hutan Kota Penjaringan, Jakarta Utara, diabadikan pada Rabu (17/11/2021).KOMPAS.COM/ IRA GITA Taman Labirin di tengah Taman Hutan Kota Penjaringan, Jakarta Utara, diabadikan pada Rabu (17/11/2021).

Taman Hutan Kota Penjaringan berada di Jalan Kepanduan II, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara. Taman ini cocok dijadikan lokasi berolahraga, berjalan santai, atau bersantai menikmati suasana.

Salah satu icon dari taman ini adalah taman labirin. Sesuai namanya, taman tersebut terdiri dari jalur-jalur yang dibatasi oleh tanaman. 

Baca juga: 8 Tempat Ngabuburit Murah Jakarta Utara, Bioskop Rakyat hingga Pantai 

3. Dogs Ministry

Kafe Dogs Ministry di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Rabu (3/5/2023).Kompas.com/Wasti Samaria Simangunsong Kafe Dogs Ministry di kawasan Pluit, Jakarta Utara, Rabu (3/5/2023).

Di Dogs Ministry, kamu bisa mengajak hewan peliharaanmu bermain atau bermain bersama 50 ekor anjing yang dipelihara di tempat ini. 

Fasilitas yang disediakan di Dogs Ministry, antara lain layanan grooming, kafe, hotel penitipan anjing, dan taman bermain anjing. 

Dilaporkan oleh Kompas.com, Rabu (10/5/2023), harga tiket masuknya mulai Rp 60.000 per orang pada hari biasa dan mulai Rp 75.000 per orang pada akhir pekan serta hari libur nasional.

Lokasinya di Jalan Pluit Indah Nomor 4, Pluit, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Baca juga: Panduan Lengkap ke kafe Dogs Ministry di Pluit Jakarta Utara

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com