Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dieng Culture Festival 2023 Resmi Batal, Ada Proyek Penataan Wisata

Kompas.com - 22/06/2023, 11:00 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dieng Culture Festival (DCF) 2023, yang semula akan dilaksanakan pada Agustus nanti, resmi dibatalkan karena adanya proyek penataan kawasan wisata Dataran Tinggi Dieng oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Ketua Panitia DCF sekaligus Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dieng Pandawa, Alif Fauzi mengatakan, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan tidak digelarnya DCF 2023.

Baca juga:

Mengingat adanya proyek penataan kawasan wisata Dieng, jika DCF 2023 digelar, ia khawatir akan mengganggu jalannya proyek serta membahayakan para wisatawan.

"Kita harus mempertimbangkan beberapa hal, salah satunya kenyamanan wisatawan. Jangan sampai nanti terganggu karena adanya material, lubang-lubang yang dikhawatirkan membahayakan wisatawan," terang Alif kepada Kompas.com, Rabu (21/6/2023). 

Kendati demikian, Alif memastikan, DCF akan kembali digelar tahun depan usai proyek penataan wisata Dieng rampung.

"Tahun berikutnya tetap digelar, semoga Agustus sudah selesai penataan kawasan wisata ini," harapnya.

DCF 2023 sempat mau digelar dalam skala kecil

Kesenian Kubro Siswo dalam Gelaran Dieng Culture Festival 2019.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Kesenian Kubro Siswo dalam Gelaran Dieng Culture Festival 2019.

Alif menyampaikan, sebenarnya sempat ada rencana DCF 2023 digelar dengan skala yang lebih kecil.

Namun, rencana itu diurungkan karena panitia tidak bisa membendung wisatawan yang memilih datang, seperti dilaporkan dari Kompas.com, Selasa (20/6/2023). 

"Kalau (wisatawan) sudah datang ke Dieng, kami tidak bisa menolak, sedangkan di sini sedang ada penataan. Nanti terkait keamanan dan keselamatan wisatawan siapa yang bertanggung jawab," tuturnya.

Baca juga:

Meski DCF 2023 tidak akan digelar, Alif menerangkan, warga setempat sudah bisa legawa menerima keputusan tersebut. la juga menyebut bahwa warga ikut mendukung program penataan kawasan wisata Dieng.

Pasalnya, kata Alif, obyek wisata tidak hanya tentang kenyamanan destinasi tetapi juga soal infrastruktur yang memadai. 

"Kami legawa, justru kami harus apresiasi program penataan kawasan wisata ini. Infrastruktur yang memadai ini penting, saat ini masih kurang penerangan jalan, tempat untuk jalan kaki, dan lainnya," pungkasnya.

Baca juga: Itinerary Pendakian Prau via Dieng, Berangkat Siang

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com