Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Citilink Buka Rute Bali-Papua Nugini PP, Ini Jadwalnya

Kompas.com - 02/07/2023, 17:12 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Citilink membuka penerbangan rute internasional terbaru dari Bandara I Gusti Ngurah Rai di Denpasar, Bali, Indonesia menuju Bandara Internasional Jacksons di Port Moresby, Papua Nugini, mulai Minggu (2/7/2023).

Direktur Utama Citilink Dewa Kadek Rai mengatakan, pembukaan rute internasional terbaru ini merupakan momen bersejarah untuk kedua negara dan juga untuk Citilink khususnya.

“Karena Citilink merupakan maskapai Indonesia pertama yang melakukan penerbangan langsung untuk menghubungkan Indonesia dengan Papua Nugini,” kata Dewa dalam pernyataan tertulis yang diterima Kompas.com, Minggu (2/7/2023).

Baca juga: Pesona Bouganville yang Pilih Merdeka dari Papua Nugini, Calon Tetangga Baru Indonesia

Sementara itu, Wakil Ketua Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Putu Supadma Rudana mengatakan bahwa penerbangan ini sudah ditunggu cukup lama oleh masyarakat Papua Nugini.

“Sebelumnya mereka yang ingin ke Indonesia khususnya ke Bali harus transit di Manila atau Singapura dan lainnya. Tetapi sekarang sudah ada direct flight ke Indonesia khususnya ke Bali,” ujar dia.

Putu menambahkan, dengan dibukanya penerbangan yang menghubungkan Indonesia dengan Papua Nugini ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya pada peningkatan ekonomi masyarakat.

Jadwal Citilink rute Bali-Papua Nugini PP

Penerbangan rute Denpasar-Papua Nugini beroperasi dua kali dalam seminggu, yakni pada hari Kamis dan Minggu. Penerbangan ini menggunakan armada Airbus A320.

Baca juga: Papua Nugini Sambut Turis Asing Tanpa Karantina

Adapun untuk jadwal penerbangannya adalah sebagai berikut:

  • Menggunakan pesawat bernomor QG 598, berangkat dari Denpasar pukul 04.00 WITA dan tiba di Papua Nugini pukul 11.00 waktu setempat.
  • Menggunakan pesawat bernomor QG 599, berangkat dari Papua Nugini pukul 12.00 waktu setempat dan tiba di Denpasar pukul 14.55 WITA

Tingkatkan kunjungan wisata ke Pulau Dewata

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun mengatakan, adanya rute ini diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisata ke Bali.

“Saya berharap dengan penerbangan ini bisa menambah lagi kedatangan kunjungan wisman ke Bali. Target kami disampaikan oleh Pak Gubernur adalah 4,5 juta kunjungan," ujar Tjok Bagus.

Ilustrasi pemandangan matahari terbenam atau sunset di Pantai Kuta, Bali. Kuta jadi destinasi musim dingin yang paling dicari pengguna Airbnb.Dok. Wikimedia Commons/cjuneau Ilustrasi pemandangan matahari terbenam atau sunset di Pantai Kuta, Bali. Kuta jadi destinasi musim dingin yang paling dicari pengguna Airbnb.

Ia melanjutkan bahwa sampai tanggal 22 Juni 2023, jumlah turis asing di Bali sudah mencapai 2,2 juta orang.

Dewa menambahkan, pembukaan rute baru ini merupakan salah satu bentuk komitmen Citilink dalam meningkatkan konektivitas antarwilayah, dalam hal ini menghubungkan negara Indonesia dengan negara Papua Nugini.

Baca juga: Wisata Bertema Luar Angkasa Bareng Astronaut di Bali, Mulai Rp 300.000

“Dibukanya penerbangan rute baru ini juga diharapkan dapat meningkatkan hubungan bilateral antar kedua negara,” tutur Dewa.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com