Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bandara Jayapura Kini Punya Pusat Informasi Wisatawan

Kompas.com - 05/07/2023, 12:10 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) meluncurkan Tourist Information Center (TIC atau pusat informasi wisatawan) di Bandara Dortheys Hiyo Eluay (DJJ) di Jayapura, Papua, pada Rabu (5/7/2023).

"Ini sebagai upaya penyediaan sarana informasi bagi wisatawan yang berkunjung ke Jayapura," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno melalui keterangan resmi, Rabu (5/7/2023). 

Baca juga:

Ia juga mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Jayapura dalam memudahkan wisatawan untuk memperoleh informasi seputar destinasi wisata, akomodasi, dan acara menarik yang ada di Kabupaten Jayapura.

Dengan demikian, kata dia, nantinya wisatawan bisa merencanakan perjalanan wisata mereka dengan baik.

"Semuanya sudah dirangkum dan tinggal scan barcode (memindai kode batang), ini termasuk salah satu yang pertama di kabupaten seluruh Indonesia," tutur Sandiaga. 

Cara menggunakan TIC

Salah satu warga, saat duduk di sebuah bukit sambil memandang ke arah Danau Sentani di Bukit Cinta, Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu,Kabupaten Jayapura, Papua. Bukit Cinta merupakan objek wisata yang baru di Kampung Doyo Lama.KOMPAS.COM/Roberthus Yewen Salah satu warga, saat duduk di sebuah bukit sambil memandang ke arah Danau Sentani di Bukit Cinta, Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu,Kabupaten Jayapura, Papua. Bukit Cinta merupakan objek wisata yang baru di Kampung Doyo Lama.

Menparekraf mengatakan, mengakses layanan TIC cukup mudah. Wisatawan cukup memindai kode batang agar langsung terhubung ke dalam situs web pariwisata Kabupaten Jayapura atau https://tourism.jayapurakab.or.id/.

Dalam layanan ini, Pemerintah Kabupaten Jayapura memiliki database yang lengkap mengenai obyek wisata, termasuk deskripsi, peta, jam buka, rekomendasi, dan pemesanan pemandu wisata.

Baca juga:

Menparekraf menyampaikan, hal tersebut akan sangat bermanfaat bagi wisatawan yang ingin merencanakan perjalanan mereka sendiri.

"Layanan Tourist Information Center ini nantinya bukan hanya berada di lokasi kedatangan (Bandara Dortheys Hiyo Eluay), tapi juga akan disampaikan di media sosial. Karena di media sosial ini yang paling mudah kita share (membagikan) informasi untuk bisa menarik lebih banyak kunjungan wisatawan," jelasnya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com