Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digelar 7 Juli, Papua Street Carnival Akan Tampilkan Ratusan Perahu Hias

Kompas.com - 04/07/2023, 14:36 WIB
Gading Perkasa,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Perhelatan Papua Street Carnival akan digelar pada Jumat (7/7/2023) mendatang di Jayapura, Papua, dari pukul 08.00 WIT-10.00 WIT. 

Mengangkat tema Papua Extravaganza: The East Great Spirit, acara ini akan menampilkan parade ratusan busana, serta melibatkan ribuan pengisi acara, ratusan pameran UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) kreatif, ratusan perahu hias, dan ribuan pelaku ekonomi kreatif.

Baca juga:

"Nantinya, Papua Street Carnival bisa menjadi agenda tahunan seperti Rio Street Carnival di Brasil, Mardi Gras di AS, atau seperti Jember Fashion Carnaval," kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam Weekly Press Briefing di Jakarta Pusat, Senin (3/7/2023).

Bila masyarakat ingin menikmati acara tersebut, bisa streaming kanal YouTube Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di Jayapura, Jelajahi Danau Terluas di Papua

Salah satu warga, saat duduk di sebuah bukit sambil memandang ke arah Danau Sentani di Bukit Cinta, Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu,Kabupaten Jayapura, Papua. Bukit Cinta merupakan objek wisata yang baru di Kampung Doyo Lama.KOMPAS.COM/Roberthus Yewen Salah satu warga, saat duduk di sebuah bukit sambil memandang ke arah Danau Sentani di Bukit Cinta, Kampung Doyo Lama, Distrik Waibu,Kabupaten Jayapura, Papua. Bukit Cinta merupakan objek wisata yang baru di Kampung Doyo Lama.

Ia mengatakan, Papua Street Carnival merupakan cerminan semangat pelaku ekonomi kreatif dan masyarakat untuk memajukan wilayah Papua.

"Papua Street Carnival merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo saat peresmian Papua Youth Creative Hub di Jayapura pada 21 Maret 2023," ujarnya.

Baca juga:

Adapun Papua Street Carnival diinisiasi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), berkolaborasi dengan Papua Youth Creative Hub (PYCH) binaan Badan Intelijen Negara (BIN).

Sandiaga berharap, Papua Street Carnival dapat membuka peluang investasi di bidang ekonomi kreatif dan menjadi ajang promosi untuk sektor pariwisata Papua kepada dunia.

Tidak hanya itu, diharapkan perhelatan tersebut bisa berdampak positif terhadap perekonomian lokal dan meningkatkan pendapatan masyarakat.

Baca juga: 3 Oleh-oleh Khas Kabupaten Biak Numfor Papua, Ada Roti dan Keripik

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com