Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Mana Letak Pantai Srau yang Dijuluki Permata Putih? 

Kompas.com - 08/07/2023, 10:45 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Nama Pantai Srau masih terdengar asing bagi sebagian masyarakat. Namun, siapa sangka Pantai Srau memiliki pemandangan hamparan pasir putih indah sehingga dijuluki permata putih.

Lantas, di mana letak Pantai Srau? Pantai Srau berada di Desa Candi, Kecamatan Pringkuku, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jarak tempuh dari Kota Pacitan sekitar 21 kilometer (km), dengan waktu tempuh sekitar  45 menit. 

Baca juga:

Kabupaten Pacitan memang terkenal memiliki gugusan pantai cantik dengan hamparan pasir putih, seperti dikutip dari Kompas.com (15/6/2019). Sebab, pantai-pantai di Pacitan berada di selatan Pulau Jawa yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia.

Dari sekian banyak pantai di Pacitan, Pantai Srau merupakan salah satu pantai terindah di kampung halaman Presiden ke-6 RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ini. Pantai ini tidak pernah sepi dari wisatawan utamanya saat liburan.

Daya tarik Pantai Srau 

Keindahan Pasir Putih di Pantai SrauKompas.com/Anggara Wikan Prasetya Keindahan Pasir Putih di Pantai Srau

Apa daya tarik Pantai Srau? Seperti disampaikan sebelumnya, Pantai Srau kerap dijuluki sebagai Permata Putih di Pacitan.

Julukan ini diberikan lantaran Pantai Srau memiliki hamparan pasir putih bersih yang indah. Saat terkena pancaran sinar matahari, butiran pasir putih di Pantai Srau akan berkilau, layaknya permata.

Menariknya, pasir putih tersebut lembut dan tidak lengket di kulit, sehingga nyaman bagi wisatawan, seperti dikutip dari Kompas.com (15/6/2019).

Pemandangan pasir putih berkilau ini berpadu dengan air laut biru jernih. Serupa, air laut di Pantai Srau akan tampak berkilau di bawah pancaran sinar matahari.

Baca juga:

Seperti ciri khas pantai selatan pada umumnya, Pantai Srau juga dikelilingi dengan bukit batu karang. Selain menjadi spot foto, pengunjung bisa menikmati panorama laut selatan dari atas tebing batu karang tersebut.

Fasilitas di Pantai Srau terbilang lengkap. Tersedia mushola, gazebo, toilet, warung makanan dan minuman, serta toko suvenir di kawasan Pantai Srau.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com