Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jember Fashion Carnaval 2023 Akan Digelar 4-6 Agustus

Kompas.com - 10/07/2023, 20:36 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jember Fashion Carnaval atau JFC dikenal sebagai acara tahunan ikonis di Kabupaten Jember, Jawa Timur. Pada tahun 2023, JFC akan digelar pada awal Agustus, tepatnya mulai Jumat (4/8/2023) sampai Minggu (6/8/2023).

"JFC kali ini ialah acara yang ke-21 tahun, tahun ini mengusung konsep tambahan yaitu JFC for Democration (JFC untuk Demokrasi)," kata Bupati Kabupaten Jember Hendy Siswanto, dalam program Nusaraya di gedung Kompas Gramedia, Jakarta Pusat, Senin (10/7/2023).

Baca juga:

Ia melanjutkan, tema demokrasi diusung pada JFC 2023 sebagai bentuk kemeriahan masyarakat Jember dalam menyambut tahun politik di Indonesia.

"Tahun politik ini kami kemas seperti pesta, jadi layaknya sebuah pesta, tahun politik harus bahagia," katanya.

Baca juga: Ada WiFi Gratis di Alun-alun Jember, Ini Cara Aksesnya

Artis peran Cinta Laura berpartisipasi dalam Jember Fashion Festival yang digelar di Jember, Jawa Timur, Minggu (4/8/2019).SURYA/SRI WAHYUNIK Artis peran Cinta Laura berpartisipasi dalam Jember Fashion Festival yang digelar di Jember, Jawa Timur, Minggu (4/8/2019).

Adapun tema yang diangkat pada gelaran JFC 2023 yaitu time-lapse. Maksudnya, pada saat festival nantinya akan ada penampil yang memeragakan kejadian-kejadian sejak mulanya peradaban, mulainya penciptaan bumi sampai tahun demokrasi.

"Nanti akan ada jalur karnaval terpanjang di dunia, yakni sepanjang 3,8 kilometer," ujar Hendy.

Ia menambahkan, pada tahun ini peserta JFC tidak hanya datang dari kalangan masyarakat Jember saja, tetapi juga diikuti oleh perwakilan dari 12 negara.

Baca juga:

"Di sepanjang jalur JFC nantinya juga akan dipasang lampu, jadi nampak bagus jika dilihat dari ketinggian," katanya.

Hendy pun mengajak masyarakat Indonesia untuk ikut serta memeriahkan acara JFC 2023.

"Kami juga menawarkan bis gratis untuk wisatawan, khususnya wisatawan dari luar Jember yang hendak keliling Jember untuk kulineran atau menyambangi UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) setempat," pungkasnya.

Baca juga: Kapan Waktu Terbaik Berkunjung ke Jember? 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com