Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Fakta Tugu Adipura, Salah Satu Ikon Kota Bandar Lampung

Kompas.com - 20/07/2023, 16:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com -Tugu Adipura atau dikenal juga sebagai Tugu Gajah merupakan salah satu ikon Kota Bandar Lampung. Tugu ini berada di persimpangan jalan, antara Jalan Raden Intan, Jalan Ahmad Yani, Jalan Jenderal Sudirman, dan Jalan Diponegoro. 

Bangunan monumen ini cukup unik, karena terdapat empat ekor gajah yang mengelilingi Tugu Adipura. Keberadaan Tugu Adipura menarik perhatian setiap orang yang melintasi kawasan tersebut.

Baca juga:

Berikut fakta Tugu Adipura Lampung yang menarik untuk diketahui, seperi dihimpun Kompas.com.

Tugu Adipura atau dikenal juga sebagai Tugu Gajah merupakan salah satu ikon Kota Bandar LampungDok. Pesona Indonesia Tugu Adipura atau dikenal juga sebagai Tugu Gajah merupakan salah satu ikon Kota Bandar Lampung

1. Makna Tugu Adipura 

Sesuai namanya, monumen Tugu Adipura Bandar Lampung dibangun untuk mengenang penghargaan adipura yang disematkan kepada Kota Bandar Lampung pada 2015. Informasi tersebut tertulis pada prasasti di tugu yang berbunyi, sebagai berikut:

Adipura, Penghargaan Presiden Republik Indonesia untuk Kota Besar Terbersih Bandar Lampung,” bunyi tulisan dalam prasasti Tugu Adipura Lampung, seperti dikutip dari Tribun News, Rabu (22/7/2015).

Untuk diketahui, adipura adalah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Penghargaan ini, diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Mengutip dari laman resmi KLHK, Kota Bandar Lampung tercatat sebagai kota dengan nilai adipura terendah pada 2015, bersama dengan Bekasi, Sungguminasa (Gowa, Sulawesi Selatan), dan Kuala Tungkal (Tanjung Jabung Barat, Jambi).

2. Ada empat patung gajah

Seperti disampaikan sebelumnya, terdapat empat patun gajah yang mengelilingi Tugu Adipura Lampung tersebut. Oleh sebab itu, Tugu Adipura Lampung juga dikenal dengan nama Tugu Gajah.

Keempat patung gajah itu, seolah-olah akan menendang bola di bawahnya. Kemudian, terdapat air mancur yang mengelilingi empat gajah maupun monumen Tugu Adipura Lampung.

Keberadaan patung gajah itu merupakan simbol bahwa Lampung adalah tempat gajah Sumatera dilindungi. Seperti diketahui, terdapat Taman Nasional (TN) Way Kambas di Lampung, yang merupakan lokasi konservasi dan perlindungan gajah.

Sayangnya, Way Kambas tutup bagi wisatawan sejak pandemi Covid-19 hingga saat ini.

Baca juga:

3. Tempat favorit warga Bandar Lampung 

Tugu Adipura ini menjadi lokasi favorit warga Bandar Lampung untuk berkumpul maupun sekadar nongkrong, seperti dikutip dari Tribun News.

Beragam kegiatan digelar di kawasan tugu seperti nongkrong sore, konser, berfoto, hingga aksi demonstrasi.

Pada malam hari, kawasan Tugu Adipura dikelilingi dengan gemerlap cahaya dari  sorotan sinar lampu gedung-gedung di sekitarnya. Sekitar tugu juga terdapat sejumlah pedagang kuliner sehingga menjadi tempat kumpul favorit warga Bandar Lampung.

4. Tiga payung setinggi 30 meter

Di atas Tugu Adipura Lampung, warga dapat menyaksikan monumen payung raja yang terdiri dari tiga tingkat. Payung raja tersebut berwarna putih, kuning, dan merah.

Tinggi monumen payung raja tersebut sekitar 30 meter. Keberadaan Tugu Adipura yang dilengkapi dengan empat patung gajah dan payung raja itu menjadi lokasi poto favorit warga maupun wisatawan yang berkunjung ke Lampung.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com