Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lion Air Buka Rute Langsung Semarang-Madinah Mulai 1 Agustus 2023

Kompas.com - 23/07/2023, 06:06 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Maskapai penerbangan Lion Air membuka penerbangan langsung dari Semarang menuju Madinah pada 1 Agustus 2023.

"Ini menandai Lion Air dalam memperluas jaringan destinasi dan menawarkan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan perjalanan umrah dan wisata yang makin meningkat dari wilayah tersebut," kata Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Sabtu (22/7/2023).

Pembukaan rute baru oleh Lion Air ini bekerja sama dengan beberapa mitra perjalanan, seperti Dream Aviation dan Mama Tour.

Baca juga: Tempat yang Bisa dikunjungi Selain Mekkah dan Madinah untuk Liburan

Penerbangan rute ini akan dioperasikan secara langsung menggunakan pesawat modern Lion Air Boeing 737-9.

Adapun tarif tiket penerbangan Lion Air dari Semarang menuju Madinah yakni mulai dari Rp 15,3 juta untuk paket sembilan hari.

Dibukanya rute penerbangan ini, kata Danang, diharapkan dapat memberikan kesempatan kepada kalangan anak muda untuk umrah dan menjelajahi destinasi di Arab Saudi.

Jadwal penerbangan Lion Air rute Semarang-Madinah

Penerbangan dari Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani (SRG) Semarang, dengan nomor penerbangan JT-52 dijadwalkan berangkat pukul 09.15 WIB, dan tiba di Bandara Internasional Pangeran Mohammad bin Abdul Aziz-Medina (MED) pukul 17.45 waktu setempat.

Sementara penerbangan dari Bandara Internasional Raja Abdulaziz (JED) di Jeddah dengan nomor penerbangan JT-53 dijadwalkan berangkat pukul 20.25 waktu setempat.

Baca juga: 5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Arab Saudi, Berburu Kurma di Hail

Pesawat dijadwalkan tiba di Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani (SRG) Semarang, pukul 12.55 WIB.

Daya tarik wisata di Arab Saudi

Hadirnya penerbangan langsung dari Semarang menuju Madinah ini dapat memberikan kesempatan kepada masyarakat Indonesia untuk mencoba beragam wisata di Arab Saudi.

Beberapa di antaranya bisa mencoba berkuda di Pusat Equestrian Al Jazeera, wisata bahari (perjalanan perahu dan menyelam) di Jeddah, serta menjelajahi desa Muftaha dan Al Souda.

Ilustrasi Abha di Arab Saudi.Dok. Shutterstock/H1N1 Ilustrasi Abha di Arab Saudi.

Selain itu bisa juga berkunjung ke Danau Waduk Abha, desa bersejarah Rijal Al Maa di Abha, menikmati panorama Pegunungan Al Hada, dan mengunjungi "Kota Mawar".

Opsi wisata alam lainnya yakni naik kereta gantung dari Al Hada, di sini wisatawan bisa melihat pemandangan pegunungan yang megah dari ketinggian.

"Penerbangan perdana Semarang - Madinah menjadi bukti komitmen Lion Air dalam mendukung sektor pariwisata sesuai kampanye semarak musim panas (rethink summer) Saudi guna mengakomodasi kebutuhan perjalanan umrah dari Indonesia," kata Danang.

Baca juga: 5 Persiapan Wajib Sebelum Wisata ke Arab Saudi, Jangan Lupa Tukar Uang

Danang menuturkan, Lion Air juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah Indonesia dan Saudi Arabia, Saudi Tourism Authority, pengelola bandar udara di Saudia, dan pengelola bandara PT Angkasa Pura I Cabang Semarang.

Serta kepada pengatur lalu lintas udara AirNav Indonesia dan di Saudia, mitra ground handling, dan mitra tour and travel, yang mendukung operasional perjalanan wisata bagi jamaah umrah dan wisatawan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com