Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

77.348 Turis Asing Kunjungi Batam pada Mei 2022, Dominasi WN Singapura

Kompas.com - 23/07/2023, 13:10 WIB
Hadi Maulana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – Badan Pusat Statistik (BPS) Batam mencatat, kunjungan turis asing atau wisatawan mancanegara (Wisman) ke Batam sepanjang bulan Mei 2023 mencapai 77.348 orang.

Bahkan dari jumlah tersebut, turis asal Singapura yang diketahui masih mendominasi kunjungan ke Batam, dengan persentase mencapai 56,46 persen atau 43.662 kunjungan.

“Turis Singapura masih mendominasi kunjungan ke Batam, dengan persentase mencapai 56,46 persen atau 43.662 kunjungan dari total jumlah wisman selama bulan Mei 2023,” kata Kepala BP Batam, Rudi ditemui di Batam Centre, Minggu (23/7/2023).

Baca juga: Berkelas Internasional, Pelabuhan Khusus Pariwisata di Pulau Nirup Batam Dibuka

Rudi mengaku, jumlah tersebut tentunya juga ikut memberikan dampak terhadap tingkat penghunian kamar (TPK) hotel berbintang di Kepri sebesar 41,89 persen atau naik 5,09 persen dari bulan sebelumnya.

“BP Batam dukung pengembangan sektor pariwisata di Batam, sebab industri pariwisata merupakan salah satu sektor penting yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah,” terang Rudi.

Rudi juga mendukung pelaksanaan event berskala internasional dilakukan di Batam. Hal tersebut, menjadi salah satu ajang promosi untuk menarik minat turis asing ke Batam.

Baca juga: Daftar Harga Tiket Kapal Pelni Terbaru di Batam Per 1 Juli 2023

Disamping itu, dengan pembangunan infrastruktur yang berlangsung saat ini, Rudi pun optimistis jika kunjungan wisman akan ikut meningkat ke depannya.

“Letak Batam yang sangat strategis menjadi modal penting untuk membangkitkan perekonomian masyarakat. Sumber ekonomi kita jelas. Mulai dari investasi di bidang industri elektronik, sektor pariwisata, dan masih banyak lagi," ujar Rudi.

Terminal Khusus Pariwisata PT. Tritunas Sinar Benua & One°15 Marina di Pulau Nirup, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) resmi beroperasi, Sabtu (8/7/2023). Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan, kawasan wisata di Pulau Nirup ini sudah berkelas internasional.DOK NIRUP ISLAND Terminal Khusus Pariwisata PT. Tritunas Sinar Benua & One°15 Marina di Pulau Nirup, Batam, Kepulauan Riau (Kepri) resmi beroperasi, Sabtu (8/7/2023). Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan, kawasan wisata di Pulau Nirup ini sudah berkelas internasional.

Oleh sebab itu, pihaknya butuh dukungan untuk menyiapkan perencanaan Batam agar menjadi kota maju dan modern.

“Saat ini saya sedang menyiapkan Batam kota baru untuk kita semua. Kesiapan infrastruktur yang ada akan membuat Batam dilirik oleh dunia internasional, khususnya turis asing yang ingin berwisata,” pungkas Rudi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com