Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kunjungan Wisatawan ke Cianjur Meningkat, Wisata Alam Jadi Favorit

Kompas.com - 27/07/2023, 06:07 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mengalami peningkatan dan tempat wisata bernuansa alam menjadi incaran.

Menurut informasi dari Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Cianjur, Ahmad Danial, terdapat peningkatan jumlah kunjungan wisatawan ke sejumlah tempat wisata, khususnya wisata alam, saat libur akhir pekan sekitar 500-1.000 wisatawan.

Baca juga:

"Didominasi wisatawan dalam negeri, sedangkan wisatawan mancanegara berkisar antara 20 sampai 50 orang per minggu, didominasi asal negara Timur Tengah dan sejumlah negara di Asia dan Eropa," terang Ahmad, dikutip dari Antara, Rabu (26/7/2023).

Ia melanjutkan, sejumlah tempat wisata yang diminati wisatawan mancanegara, antara lain Kebun Raya Cibodas, Jangari dan Situs Gunung Padang, serta Kampung Adat Miduana. 

Ada pula beberapa air terjun yang diminati, letaknya di sisi utara dan selatan Cianjur.

Baca juga: 6 Tempat Menarik di Kebun Raya Cibodas, Ada Taman Sakura

Situs Megalitikum di Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat. SHUTTERSTOCK/USKARP Situs Megalitikum di Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat.

General Manager Corcom PT Mitra Natura Raya Kebun Raya Cibodas, Zaenal Mutaqin menyampaikan, peningkatan jumlah kunjungan wisatawan secara global telah tercatat sejak Hari Raya Idul Fitri, Idul Adha, serta berlanjut dengan libur panjang murid sekolah.

"Kalau untuk wisatawan asing didominasi Timur Tengah yang datang bersama keluarganya dengan jumlah kunjungan sekitar 50 orang ditambah wisatawan asing asal Asia dan Eropa sekitar 20 orang setiap pekan," terangnya.

Baca juga:

Adapun beberapa pengelola tempat wisata di Cianjur juga melihat adanya peningkatan jumlah kunjungan wisman sejak dua bulan terakhir.

Wisman tersebut utamanya berasal dari Timur Tengah, serta negara-negara di Benua Asia dan Eropa.

Baca juga: 9 Aktivitas di The Nice Funtastic Park Cianjur, Bisa Naik Sky Bridge

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com