Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Cara ke Bandara YIA dari Kota Yogyakarta, Tak Cuma Naik Kereta 

Kompas.com - 06/08/2023, 10:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) berada di Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Jaraknya cukup jauh dari Kota Yogyakarta sekitar 1 hingga 1,5 jam perjalanan menggunakan kendaraan bermotor.

Ada sejumlah cara ke Bandara YIA yang bisa dipilih oleh masyarakat. Meliputi kereta bandara, DAMRI, taksi, shuttle khusus, dan angkutan sewa.

Baca juga:

Setiap transportasi memiliki tarif dan rute masing-masing. Jadi, kamu bisa menyesuaikan dengan destinasi tujuanmu baik dari Kota Yogyakarta ke Bandara YIA, dan sebaliknya.

Cara ke Bandara YIA 

Kompas.com merangkum cara menuju Bandara YIA sebagai berikut.

1. Kereta bandara YIA 

Kereta Api (KA) Bandara Yogyakarta International Airport (YIA) Dok. Humas Kemenhub Kereta Api (KA) Bandara Yogyakarta International Airport (YIA)

Kereta bandara YIA menghubungkan Stasiun Tugu, Yogyakarta menuju Stasiun Bandara YIA, Kulon Progo, dan sebaliknya. Perjalanan menggunakan kereta bandara YIA ditempuh sekitar 39 menit, lebih singkat dibandingkan kendaraan bermotor.

Mengutip website Railink, kereta bandara YIA melewati tiga titik pemberhentian, meliputi Stasiun Tugu Yogyakarta, Stasiun Wates, dan berakhir di Stasiun Bandara YIA, serta sebaliknya.

Layanan kereta bandara YIA terbagi menjadi kereta bandara YIA Xpress dan reguler. Harga tiket kereta bandara YIA Xpress untuk relasi Stasiun Yogyakarta menuju Stasiun Bandara YIA, dan sebaliknya adalah Rp 50.000 per orang.

Sementara, harga tiket kereta bandara YIA reguler mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 20.000 per orang bergantung rutenya.

Baca juga:

8 Beda Kereta Bandara YIA Xpress dan Reguler, Ada Harga dan Rute

Simak Jadwal Kereta Bandara YIA Terbaru, Ada Xpress dan Reguler 

2. DAMRI 

Armada bus damri yang beroperasi dari Yogyakarta International Airport, Kulon Progo, DIY.Dokumentasi Damri Armada bus damri yang beroperasi dari Yogyakarta International Airport, Kulon Progo, DIY.

DAMRI juga menyediakan layanan dari beberapa titik di Kota Yogyakarta ke Bandara YIA, dan sebaliknya. Meliputi, Terminal Condong Catur, Sleman City Hall, Poll DAMRI Yogyakarta.

Tarifnya sebesar Rp 80.000 per orang, berdasarkan informasi dari akun Instagram @damriindonesia

Jadwal DAMRI ke Bandara YIA beroperasi setiap hari, dari pukul 04.00 WIB hingga 15.00 WIB. Sedangkan, jadwal DAMRI dari Bandara YIA beroperasi setiap hari dari pukul 08.00 WIB hingga 20.00 WIB. 

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com