Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bukit Doa Mahawu, Indahnya Tempat Wisata Religi di Tomohon

Kompas.com - 12/08/2023, 15:03 WIB
M Chaerul Halim,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

TOMOHON, KOMPAS.com - Bukit Doa Mahawu merupakan salah satu wisata religi umat kristiani di Kota Tomohon, Sulawesi Utara.

Lokasinya tepat berada bawah kaki Gunung Mahawu, Jalan Lingkar Timur, Kakaskasen III, Tomohon Utara, Tomohon.

Alhasil, kesan pertama sesaat menginjakkan kaki di Bukit Doa Mahawu itu tercipta pandangan yang indah, serta udara yang begitu sejuk.

Baca juga: Desa Wisata Kakaskasen Dua di Tomohon, Diapit 2 Gunung Berapi Aktif

Sebab, kawasan itu berada di perbukitan yang masih asri dan ditambah banyak pepohonan rindang, beserta hamparan rumput hijau.

Begitulah kesan pertama Kompas.com ketika mengunjungi Bukit Doa Mahawu dalam famtrip dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) pada Selasa (8/8/2023).

Mulanya, rombongan Famtrip Kemenparekraf bertolak dari Yama Resort, Tondano menuju di Bukit Doa Mahawu.

Membutuhkan waktu 30 menit, rombongan tiba di kawasan itu dengan menggunakan mobil elf. Akses menuju kawasan itu tak begitu sulit lantaran memiliki jalan beraspal, meskipun menanjak.

Namun, perjalanan itu terbayarkan lantaran merasakan suasana tenang dan asri di Bukit Doa Mahawu.

Spot di Bukit Doa Mahawu, Tomohon

Berikut sejumlah spot yang berada di Bukit Doa Mahawu:

1. Chapel of Mother Mary

Keberadaan Chapel of Mother Mary ini bisa dibilang paling menonjol. Sebab, bentuk kapel maria ini sangat menarik perhatian lantaran menyerupai kapal. Di sana, umat kristiani biasanya melakukan peribadatan.

Baca juga: Tomohon International Flower Festival 2023 Targetkan 300.000 Wisatawan

Latar kapel maria ini adalah Gunung Lokon dan Kota Tomohon sehingga menambah kesan yang memukau. Tak jarang, para pelancong menjadikan tempat ini untuk spot foto berlatar panorama.

2. Amphitheater

Selain itu, ada Amphiteater di antara spot Chapel of Mother Mary dan Gua Bunda Maria. Amphiteater ini berbentuk setengah lingkaran, sekilas menyerupai Colloseum, Yunani.

Amphitheater di Bukit Doa Mahawu, Tomohon, Sulawesi Utara. Tempat ini biasanya digunakan untuk pertunjukan seni, peribadatan dan foto prewedding.KOMPAS.com/M Chaerul Halim Amphitheater di Bukit Doa Mahawu, Tomohon, Sulawesi Utara. Tempat ini biasanya digunakan untuk pertunjukan seni, peribadatan dan foto prewedding.

Biasanya, tempat ini digunakan untuk pertunjukan seni, peribadatan bahkan juga bisa untuk foto prewedding.

3. Goa Bunda Maria

Goa ini terdapat tumpukan bebatuan yang disusun setengah oval. Ada patung Bunda Maria yang tengah berdiri dengan membuka kedua tangan. Ada pula mata air yang mengalir dari atas gua tersebut.

Gua Bunda Maria di Bukit Doa Mahawu, Tomohon, Sulawesi Utara.KOMPAS.com/M Chaerul Halim Gua Bunda Maria di Bukit Doa Mahawu, Tomohon, Sulawesi Utara.

Lokasi Gua Bunda Maria dapat dijumpai sebelum memasuki lorong yang terdapat replika makam yesus.

4. Lorong yang terdapat replika Makam Yesus

Lorong ini terbuat dari beberapa batu yang disusun. Di dalamnya, ada Replika Makam Yesus. Tempat ini merupakan stasi ke-14 dalam rangkaian peribadatan jalan salib bagi umat kristiani.

Patung Pietta atau patung klasik yang menggambarkan tubuh yesus yang sudah wafat di pangkuan Bunda Maria. Patung ini terdapat di area lorong replika Makam Yesus di Bukit Doa Mahawu, Tomohon, Sulawesi Utara.KOMPAS.com/M Chaerul Halim Patung Pietta atau patung klasik yang menggambarkan tubuh yesus yang sudah wafat di pangkuan Bunda Maria. Patung ini terdapat di area lorong replika Makam Yesus di Bukit Doa Mahawu, Tomohon, Sulawesi Utara.

Setelah melewati lorong itu, ada juga patung Pietta atau patung klasik yang menggambarkan tubuh yesus yang sudah wafat di pangkuan Bunda Maria.

Baca juga: Wisata 4 Hari 3 Malam ke Tomohon, Bisa ke Mana Saja?

Sebagai informasi, bagi para pelancong yang berminat berkunjung ke Bukit Doa Mahawu, Tomohon, hanya dikenakan tiket masuk sebesar Rp 20.000 per orang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com