Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Wisata Wonosobo Selain Dieng yang Tak Kalah Menarik 

Kompas.com - 20/08/2023, 13:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Jika membahas wisata Wonosobo, mayoritas masyarakat akan teringat dengan dataran tinggi Dieng. Namun ternyata, ada banyak wisata Wonosobo selain Dieng yang tidak kalah menarik.

Wisata Wonosobo selain Dieng tersebut berupa kebun teh, air terjun, danau, dan sebagainya. Wisata Wonosobo selain Dieng bisa menjadi alternatif bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke kota di Jawa Tengah tersebut.

Baca juga:

Wisata Wonosobo selain Dieng 

Kompas.com merangkum wisata Wonosobo selain Dieng sebagai berikut: 

1. Kebun Teh Tambi 

Kebun Teh Tambi WonosoboShutterstock/Naufal Image Kebun Teh Tambi Wonosobo

Kebun teh seluas 830 hektare ini, berada di Desa Tambi, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. Berada di ketinggian antara 800 – 2.000 mdpl, kebun teh Tambi memiliki udara sejuk.

Pesona kebun teh Tambi adalah hamparan kebun teh hijau yang dikelilingi pemandangan pegunungan. Selain panorama alam, kebun teh Tambi memiliki pabrik pengolahan teh.

Wisatawan bisa menyaksikan proses pembuatan teh, mulai dari pemetikan di kebun hingga menjadi teh siap seduh. Kebun teh Tambi berdiri sejak 1865, di masa penjajahan Belanda, sehingga usianya sekarang mencapai 158 tahun.

2. Curug Winong 

Kabupaten Wonosobo memiliki sejumlah air terjun atau curug yang menawan. Salah satunya adalah Curug Winong di Dusun Temanggung, Desa Winongsari, Kecamatan Kaliwiro, Kabupaten Wonosobo

Mengutip Visit Jateng, Curug Winong menyajikan suasana khas pedesaan sekaligus segarnya air terjun pegunungan. Air terjun ini memiliki ketinggian 100 meter.

Selama perjalanan menuju lokasi curug, wisatawan akan disuguhi dengan pemandangan rumah-rumah penduduk, persawahan, dan pepohonan rindang.

Di sekitar curug juga terdapat batu-batu besar yang menambah daya tarik Curug Winong.

3. Curug Sigludug 

Curug Sigludug di Kabupaten WonosoboDok. https://kalidesel-watumalang.wonosobokab.go.id/ Curug Sigludug di Kabupaten Wonosobo

Curug Sigludug berada di Dusun Lamuk, Desa Kalidesel, Kecamatan Watumalang, Kabupaten Wonosobo. Keunikan curug ini adalah memiliki dua mata air, sehingga aliran air curug ada yang hangat dan dingin, berdasarkan informasi dari website Pemerintah Kabupaten Wonosobo.

Aliran air terjun mengaliri bebatuan yang berlumut sehingga menambah daya tariknya. Selain itu, terdapat fosil kayu yang berlumut di lokasi Curug Sigludug.

Perjalanan menuju lokasi wisata dapat ditempuh menggunakan kendaraan bermotor. Namun, pengunjung harus berjalan kaki menuju lokasi air terjun karena medan yang terjal dan sempit.

4. Curug Sikarim 

Curug Sikarim Wonosobo dilihat menggunakan drone.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Curug Sikarim Wonosobo dilihat menggunakan drone.

Curug di Wonosobo yang populer selanjutnya adalah Curug Sikarim. Lokasinya berada di  Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar, Kabupatan Wonosobo.

Melansir dari Kompas.com (3/10/2022), lokasi air terjun ini cukup unik karena berada di desa tertinggi di Pulau Jawa, yakni Desa Sembungan. Curug Sikarim berada di lereng selatan dataran tinggi Dieng sehingga udaranya sangat sejuk.

Sementara itu, aliran airnya bersumber dari limpahan Telaga Cebong. Panorama Curug Sikarim sangat menawan karena aliran air terjun seolah membelah dinding perbukitan disertai dengan kabut tebal yang menyelimuti bukit.

Baca juga:

5. Curug Drimas 

Curug selanjutnya yang tak kalah mempesona adalah Curug Drimas. Wisata Wonosobo satu ini berupa air terjun yang terbagi menjadi tiga tingkat.

Setiap ambalnya memiliki tinggi berbeda, mulai dari 15, 20, hingga tertinggi 40 meter. Struktur tersebut membuat curug ini unik.

Lokasi Curug Drimas berada di Desa Karangsari, Kecamatan Sapuran, Kabupaten Wonosobo.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com