Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tlilir Art and Culture Festival 2023 Tawarkan Panorama Gunung Sumbing

Kompas.com - 23/08/2023, 14:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Untuk pertama kalinya, Pemerintah Desa Tlilir mengadakan Tlilir Art and Culture Festival 2023, mulai Jumat (1/9/2023) sampai Minggu (3/9/2023) di Desa Tlilir, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Bertemakan "From Village to The World", Tlilir Art and Culture Festival 2023 diselenggarakan di bawah lereng Gunung Sumbing, di atas ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Baca juga:

“Ini sebuah event (acara) festival budaya dan seni yang unik, pertama di Indonesia. Bayangkan bagaimana serunya menonton gelaran di atas atap rumah warga kami Desa Tlilir, dengan background (latar) panorama gagahnya Gunung Sumbing,” kata Kepala Desa Tlilir, Fatur Rohman, kepada Kompas.com, Rabu (23/8/2023).

Ia mengatakan, Tlilir Art & Culture Festival ini menarasikan "Tlilir: Tembakau, Tradisi dan Takdir", serta mengampanyekan "Sustainability & Eco-Friendly Event".

“Dim ana dalam penyelenggaraan event ini seluruhnya menggunakan material dari bambu,” imbuhnya.

Baca juga: Puncak Botorono Temanggung, Keindahan di Antara Gunung Sumbing dan Sindoro

Agenda Tlilir Art & Culture Festival 2023

Tlilir Art & Culture Festival digelar 1-3 September 2023 di Desa Tlilir, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.Dok. Kemenparekraf Tlilir Art & Culture Festival digelar 1-3 September 2023 di Desa Tlilir, Kecamatan Tlogomulyo, Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Sebelumnya Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyampaikan dukungannya terhadap Tlilir Art and Culture Festival 2023.

"Kami sangat mendukung dan akan membantu promosi, dan mudah-mudahan ini yang pertama dan akan terus meningkat di tahun-tahun mendatang" kata Menparekraf saat Weekly Press Briefing di Jakarta Pusat, Senin (21/8/2023). 

Pada kesempatan yang sama, Direktur Digra Harsa Mandiri, Ridlo Amiruddin yang mewakili Heavenly Indonesia sebagai salah satu inisiator Tlilir Art and Culture Festival 2023 menyampaikan, akan ada beberapa event pendukung dalam perhelatan tahun pertama ini.

“Tlilir Art and Culture Festival akan menghadirkan konser musik etnik dengan line up (deretan pengisia cara) Irene GheaxArlida Putri, Orkes Sinten Remen, dan Jogja Hip Hop Foundation,” kata Ridlo.

Baca juga: Matahari Terbit Berlatar 4 Gunung di Bukit Sikendil Temanggung

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com