Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Penginapan di Dalam dan Sekitar TN Baluran, Sekian Tarifnya

Kompas.com - 23/08/2023, 09:06 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Taman Nasional Baluran termasuk kawasan pelestarian di Indonesia yang berlokasi di antara Kabupaten Banyuwangi dan Situbondo, Jawa Timur. 

Penamaan taman nasional satu ini diambil dari nama Gunung Baluran. Uniknya, Taman Nasional Baluran memiliki sabana layaknya Afrika, dilengkapi dengan kekayaan alam lain, seperti pantai, hutan, dan mangrove. 

Baca juga:

Taman Nasional Baluran dijuluki Africa van Java karena kondisi sabananya saat musim kemarau sangat mirip seperti di Afrika. Tanaman kering dengan pohon akasia pun menghiasi Savana Bekol di area ini.

"Di sini ada banyak satwa seperti banteng, kerbau, rusa, monyet, dan ular," kata tour guide (pemandu) dari Jendela Wisata bernama Bowo, kepada Kompas.com, Rabu (9/8/2023) lalu. 

Selain itu, ada ratusan jenis burung dan juga aneka tanaman mendiami Taman Nasional Baluran, cocok bagi pengunjung yang suka berpetualang di alam. 

Taman Nasional Baluran buka setiap hari, mulai pukul 08.00 WIB sampai 16.00 WIB. Untuk harga tiket wisatawan nasional mulai Rp 16.000 saat hari kerja, dan mulai Rp 18.500 saat hari libur. 

Baca juga:

Penginapan di Taman Nasional Baluran

Kerbau yang terlihat di Savana Bekol, Taman Nasional Baluran, Situbondo-Banyuwangi, Jawa Timur. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Kerbau yang terlihat di Savana Bekol, Taman Nasional Baluran, Situbondo-Banyuwangi, Jawa Timur.

Untuk mengelilingi seluruh tempat wisata di Taman Nasional Baluran mungkin masih kurang puas jika hanya dalam satu hari. Apalagi jika baru datang dari sore, mungkin perlu tempat menginap.

Wisatawan bisa menginap di homestay yang ada di dalam kawasan Taman Nasional Baluran, ataupun menginap di sekitar taman nasional. 

"Di area Taman Nasional Baluran terdapat beberapa penginapan, tersedia Wisma Rusa, Wisma Merak, dan Wisma Banteng," kata Elok. 

Baca juga:

Adapun beberapa wisma tersebar di Savana Bekol dan juga Pantai Bama, dengan tarif menginap mulai dari Rp 100.000, tergantung kapasitas dan fasilitas. 

"Selain itu, di perkampungan, Desa Batangan, di area pintu masuk Taman Nasional Baluran ada beberapa homestay punya penduduk," ujar Elok. 

Dari pantauan Kompas.com melalui online travel agent (OTA atau agen perjalanan daring), ada beberapa homestay, Reddoorz, atau OYO terdekat dari Taman Nasional Baluran, seharga mulai Rp 82.000 hingga termahal Rp 500.000. 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com