Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apakah Korea Akan Terapkan Bebas Visa untuk Wisatawan Indonesia?

Kompas.com - 25/08/2023, 13:25 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Korea Selatan jadi salah satu destinasi liburan yang diminati warga Indonesia. Untuk berkunjung ke Negeri Ginseng, wisatawan nasional asal Indonesia harus menyiapkan sejumlah dokumen, misalnya visa. 

Untuk mengurus visa, diperlukan biaya dan waktu sehingga kerap menjadi pertimbangan seseorang untuk berwisata ke negara tersebut. 

Baca juga: Korea Culture & Travel Festival 2023 Digelar 10 Hari di Jakarta

Lantas, apakah Korea Selatan akan dapat memberikan bebas visa bagi warga Indonesia?

Direktur Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta Office, Yang Su Bae menyampaikan kemungkinannya pada masa depan, meski tidak dalam waktu dekat. 

"Sebenarnya ini bukan kewenangan saya (untuk kebijakan bebas visa), namun sayangnya akan butuh waktu cukup lama bagi Indonesia untuk mendapatkan bebas visa ke Korea," kata Yang Su Bae di Jakarta, Kamis (24/8/2023). 

Ia mengatakan, pihaknya hanya bergerak di bidang pariwisata Korea Selatan, sedangkan kebijakan bebas visa diurus oleh badan atau lembaga lain yang berwenang. 

Baca juga: Daftar Agenda dan Promo di Korea Culture & Travel Festival 2023

Adapun untuk kebijakan bebas visa suatu negara, kata dia, tidak hanya bisa dilihat dari sektor pariwisata, melainkan ada beberapa pertimbangan, salah satunya faktor labour (tenaga kerja).

"Saya harap kebijakan bebas visa ini dapat diterapkan, namun dalam waktu dekat ini belum. Jadi apakah mungkin? Di masa depan, mungkin saja, kenapa tidak. Tapi tidak dalam waktu dekat ini," pungkasnya.

Syarat masuk Korea Selatan tahun 2023

Ilustrasi Korea Selatan.Dok. Pixabay/huong nguyen Ilustrasi Korea Selatan.

Saat ini, PR & Media Executive KTO Jakarta Office, Novi Nursyahbani mengatakan, wisatawan nasional asal Indonesia masih harus menyiapkan beberapa dokumen jika ingin berkunjung ke Korea Selatan.

"Untuk prosedur masuk ke Korea Selatan, masih harus ajukan visa, paspor tentunya, dan pengisian Q-Code, semacam health declaration questionnaire (kuesioner deklarasi kesehatan)," kata Novi.

Baca juga: Korea Selatan Targetkan 300.000 Lebih Wisatawan Indonesia pada 2024

Pada saat pengisian Q-Code, kata Novi, beberapa data yang perlu disiapkan oleh wisatawan, antara lain data diri, alamat tempat tinggal di Korea, nomor telepon yang digunakan di Korea, tujuan kunjungan, dan kondisi kesehatan pada saat pengisian data Q-Code.

Q-Code dapat diisi saat sudah sampai di Korea Selatan, atau bisa juga diisi setidaknya tiga hari sebelum jadwal keberangkatan.

Pengisian Q-Code dapat diakses melalui laman resmi Q-Code, atau bisa juga diakses melalui tautan yang ada di akun Instagram resmi Korea Visa Application Center @kvac_id.

Baca juga: Jepang Sumbang Turis Terbanyak ke Korea Selatan per Mei 2023

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com