Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Rekomendasi Wisata di Jeju Korea Selatan, Pas untuk Healing

Kompas.com - 26/06/2023, 14:07 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Bila ingin liburan ke Korea Selatan, destinasi wisata yang menarik untuk didatangi tidak hanya di kota-kota besar. Ada Pulau Jeju yang juga merupakan favorit wisatawan. 

Pulau yang berada di sebelah selatan Semenanjung Korea ini juga memiliki beberapa tempat wisata yang direkomendasikan. 

Baca juga:

"Dalam rangka agenda Visit Korea year 2023-2024, kami menyiapkan 100 Must Visit spot turis dan 100 K-Culture. Termasuk di antaranya enam destinasi di Jeju," kata PR and Media Officer Korea Tourism Organization (KT0) Jakarta Office, Novi Nursyahbani saat Korea Tourism Seminar Jeju Island 2023 di Jakarta, Rabu (21/6/2023).

 

Sementara itu, Deputy Director Global Marketing Department Jeju Tourism Organization, Ian (Kangil) RHEE mengatakan bahwa ada banyak sekali tempat wisata di Pulau Jeju yang bisa dieksplor.

"Jeju adalah pulau terbesar di Korea Selatan. Memiliki pemandangan alam yang alami, kebudayaan unik, dan beragam tujuan wisata," kata Kangil.

Kangil melanjutkan, Pulau Jeju memiliki bentang alam yang indah. Pegunungan dan hutan di Jeju juga cukup ramai dikunjungi untuk tujuan healing.  

Rekomendasi tempat wisata di Pulau Jeju

Apa saja yang menarik di Jeju? Ini rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi di Pulau Jeju, menurut program 100 Must Visit Tourist Spot of Korea

1. Seongsan Ilchulbong Tuff Cone

Turis di Seongsan llchulbong Tuff Cone di Pulau Jeju, Korea (Warisan Dunia UNESCO).Shutterstock/Everything You Need Turis di Seongsan llchulbong Tuff Cone di Pulau Jeju, Korea (Warisan Dunia UNESCO).

Pertama, ada Seongsan Ilchulbong Tuff Cone yang berketinggian 180 meter di atas permukaan laut (mdpl) akibat aliran magma di bawah laut lebih dari 5.000 tahun yang lalu.

Awalnya tempat ini merupakan pulau terpisah, tapi penumpukan pasir dan tanah telah menghubungkannya dengan pulau utama, dikutip dari Visit Korea, Senin (26/6/2023). 

Ada juga kawah besar yang terbentuk dari lava panas bercampur dengan air laut yang dingin, tepatnya di di puncak Seongsan Ilchulbong Tuff Cone. Kawah ini berdiameter sekitar 600 meter dengan kedalaman 90 meter.

Dari puncaknya, wisatawan dapat melihat Pulau Udo serta menikmati pemandangan matahari terbit. Area kerucut tufa ini ditetapkan sebagai cagar alam sejak 19 Juli 2000.

Baca juga: Syarat Masuk ke Korea Selatan Terbaru, Tetap Wajib Isi Q-Code

2. Taman Nasional Hallasan

Ilustrasi Korea Selatan - Hallasan National Park.SHUTTERSTOCK Ilustrasi Korea Selatan - Hallasan National Park.

Selanjutnya, ada Taman Nasional Hallasan yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Pulau Jeju.

Mencapai tinggi 1.950 meter, Gunung Hallasan adalah gunung tertinggi di Korea dengan lereng landai yang dibentuk oleh aktivitas vulkanis selama ribuan tahun. Gunung ini dinobatkan sebagai Warisan Alam Dunia UNESCO pada tahun 2017 lalu.

Ada sekitar 40 gunung berapi parasit yang terbentuk di daerah sekitarnya. Berbagai hewan dan tumbuhan menghuni lereng ini, termasuk hutan pohon cemara Korea (Abies Koreana) terbesar di dunia.

Selain itu, puncak Gunung Hallasan menawarkan pemandangan Pulau Jeju. Di puncaknya juga terdapat Baengnokdam, sebuah kawah danau yang luas dan bernilai tinggi dalam penelitian akademis.

Baca juga: Wisatawan Asal Korea Selatan Kagumi Batam: Warganya Ramah

Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com