Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute ke Museum dan Galeri Seni SBY-Ani, Tak Jauh dari Pusat Kota Pacitan

Kompas.com - 26/08/2023, 21:01 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com - Pacitan memang terkenal punya banyak tempat wisata alam yang bagus. Biasanya, wisatawan datang ke sana untuk mengunjungi pantai atau goa.

Namun, ada satu tempat wisata baru di Pacitan yang bukan merupakan wisata alam pantai ataupun goa, melainkan museum.

Museum dan Galeri Seni SBY-Ani adalah nama tempat wisata baru ini. Peresmiannya dilakukan langsung oleh Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada Kamis (17/8/2023).

Baca juga: 6 Larangan di Museum dan Galeri Seni SBY-Ani Pacitan, Jangan Merokok

Sesuai namanya, tempat ini menceritakan perjalanan hidup SBY sejak lahir hingga masa remajanya di Pacitan, masuk akademi militer, menjadi TNI, bertugas di medan perang, menjadi Menkopolkam, hingga menjadi presiden RI.

Ada pula koleksi benda-benda seni milik SBY dan Ani Yudhoyono. Sejumlah lukisan bahkan merupakan karya SBY dan foto bidikan Ani Yudhoyono.

Koleksi Lukisan SBY di Museum dan Galeri Seni SBY-Ani, Pacitan.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Koleksi Lukisan SBY di Museum dan Galeri Seni SBY-Ani, Pacitan.

Kompas.com sempat berkunjung langsung ke sini pada Sabtu (19/8/2023). Bahkan, butuh waktu sekitar 2,5 jam untuk menjelajah museum ini.

Rute ke Museum dan Galeri Seni SBY-Ani di Pacitan

Museum dan Galeri Seni SBY-Ani tepatnya berlokasi di Plelen, Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Baca juga: Museum dan Galeri Seni SBY-Ani di Pacitan, Melihat Perjalanan Hidup Presiden Ke-6 RI

Jarak tempuh ke sana dari Alun-alun Pacitan hanyalah sekitar 3 kilometer (km) dengan waktu tempuh kurang-lebih cuma 10 menit.

Dari Alun-alun Pacitan, susuri jalan utama yang ada di depannya ke arah barat. Nantinya, akan ada perempatan lampu merah Taman Bapangan.

Belok kiri di perempatan lampu merah ini. Terus lurus sampai lampu merah semacam pertigaan Taman Cuwik. Belok kanan di pertigaan.

Baca juga: SBY Pamer Lukisan Grand Canyon, Ketahui 9 Fakta Destinasi Ini

Nantinya, akan ada pertigaan lagi. Kali ini, belok tajam ke kiri menyusuri Jalan Lintas Selatan Pacitan. Museum dan Galeri Seni SBY-Ani nanti ada di kanan jalan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com