Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KM Kelud Berhenti Beroperasi Sementara mulai 7 September 2023

Kompas.com - 30/08/2023, 08:25 WIB
Hadi Maulana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com - Pelaku perjalanan yang kerap naik kapal Pelni, khususnya KM Kelud, dari Batam ke Tanjung Priok, Jakarta, dan dari Batam ke Belawan, Sumatera Utara, siap-siap untuk mencari alternatif lain.

Pasalnya, dari awal hingga pertengahan September 2023, tepatnya dari Kamis (7/9/2023) hingga Jumat (22/9/2023) mendatang, KM Kelud yang biasanya melayani rute Batam-Belawan pergi-pulang (PP) dan Batam-Tanjung Priok (PP) tidak akan beroperasi.

Baca juga:

"Lebih kurang 15 hari atau dua mingguan ke depan KM Kelud yang melayani antar provinsi tidak akan beroperasi, dan kami harap masyarakat bisa memakluminya," kata Kepala Cabang PT Pelni Batam, Muhammad Iqbal yang dihubungi, Rabu (30/8/2023).

Iqbal mengatakan, hal ini dikarenakan PT Pelni berencana melakukan perawatan atau docking untuk KM Kelud, demi menjaga keamanan dan kenyaman kapal.

"Jadi memang sudah jadwalnya perawatan rutin setiap tahunnya, biar kondisi kapal tetap aman dan nyaman saat melakukan pelayaran," terang Iqbal.

Baca juga: Banyak Calo Tiket Kapal Feri ke Karimunjawa? Ini Faktanya

Sebanyak 976 penumpang KM Kelud tiba di Terminal Pelabuhan Bandar Deli Belawan pada Senin (18/4/2022) siang dari Batam, Tanjung Balai Karimun serta Tanjung Priok. Jumlah kedatangan penumpang diperkirakan akan terjadi lonjakan saat mendekati lebaran.KOMPAS.COM/DEWANTORO Sebanyak 976 penumpang KM Kelud tiba di Terminal Pelabuhan Bandar Deli Belawan pada Senin (18/4/2022) siang dari Batam, Tanjung Balai Karimun serta Tanjung Priok. Jumlah kedatangan penumpang diperkirakan akan terjadi lonjakan saat mendekati lebaran.

"Selain itu perawatan yang dilakukan September, juga dikarenakan kondisi pengguna kapal tengah sepi serta persiapan momen Natal dan tahun baru," imbuhnya.

Saat disinggung apakah ada kapal pengganti, Iqbal menyampaikan sejauh ini tidak ada sehingga pihak Pelni mau tidak mau menyetop operasional untuk rute Batam-Belawan dan Batam-Tanjung Priok.

Baca juga:

Begitu juga untuk penjualan tiket terakhir, PT Pelni membukanya paling lambat pada Rabu (6/9/2023) dan akan dibuka kembali pada pertengahan September 2023.

"Yang jelas jika proses docking telah selesai, penjualan tiket langsung dibuka kembali untuk umum," pungkas Iqbal, seraya meminta maaf atas ketidaknyamanan ini.

Baca juga: Mulai Besok, Tarif Kapal Roro Batam-Jambi dan Batam-Riau Naik 5 Persen

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com