Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Juta Wisatawan Kunjungi Kota Tangerang pada Semester 1 2023

Kompas.com - 30/08/2023, 15:51 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Pada semester pertama tahun 2023, tercatat ada 7,57 juta (7.573.807) wisatawan yang mengunjungi Kota Tangerang, Banten. 

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Tangerang, Rizal Ridolloh menyampaikan bahwa angka tersebut terdiri dari wisatawan sekaligus tamu hotel dan wisatawan yang mengunjungi tempat wisata.

Baca juga:

Rinciannya, tamu hotel nusantara sebanyak 665.686 orang, tamu hotel mancanegara sebanyak 134.942 orang, dan wisatawan tempat wisata sebanyak 6,77 juta (6.773.179) orang. 

"Program pemulihan ekonomi pasca-pandemi telah mendongkrak jumlah wisatawan di Kota Tangerang. Ini menjadi hal yang positif bagi dunia pariwisata," kata Rizal, dikutip dari Antara, Rabu (30/8/2023).

Baca juga: Panduan Lengkap ke Situ Cipondoh di Tangerang

Adapun beberapa faktor yang mendorong datangnya wisatawan, lanjutnya, adalah puluhan hotel, 17 taman tematik, dan wisata kuliner di daerah tersebut. 

"Sedangkan faktor-faktor lainnya, terbanyak memang dalam kunjungan obyek wisata, seperti Situ Cipondoh, wisata kano, kolam renang, karaoke, hingga pusat perbelanjaan seperti Tangcity Mall. Tak terkecuali sejumlah festival yang sempat digelar Pemkot (Pemerintah Kota) Tangerang," jelasnya. 

Potensi pelaku perjalanan yang transit

Suasana Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (15/6/2023).KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Suasana Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, Kamis (15/6/2023).

Rizal mengatakan, jumlah kunjungan wisatawan cukup memengaruhi tingginya tingkat hunian hotel dan restoran, sekaligus memengaruhi peningkatan pendapatan asli daerah lewat pajak.

Salah satu penyebab tingginya tingkat hunian hotel di Kota Tangerang, ucapnya, disebabkan oleh kembali diizinkannya umrah ke Tanah Suci. 

"Berdasarkan data yang kami punya, angka hunian hotel di sekitar bandara cukup tinggi," ujarnya.

Baca juga:

Walaupun Kota Tangerang kerap dijadikan area transit, ia berpendapat bahwa hal tersebut menjadi potensi guna mempromosikan tempat wisata yang ada.

"Makanya kami banyak menjalin kerja sama agar setiap tamu atau wisatawan yang singgah mendapatkan pelayanan dan pengalaman yang baik, saat bertandang ke Kota Tangerang. Semoga kemajuan kunjungan wisatawan ini dapat terus meningkat untuk kemajuan Kota Tangerang," jelasnya. 

Baca juga: 5 Tempat Wisata Dekat Situ Cipondoh, Ada Taman Gratis dan Museum

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com